banner 728x90

PKM UMI Adakan Pelatihan dan Terapkan Panel Surya Untuk Penerangan Jalan di Desa Borisallo

  • Bagikan

NusantaraInsight, Gowa — Penerangan merupakan salah satu kebutuhan penting guna meningkatkan aktivitas masyarakat desa di malam hari. Untuk itu, tim dosen Pengabdian Kepada masyarakat (PKM) melalui Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat (LPKM) Universitas Muslim Indonesia (UMI) memperkenalkan dan menerapkan lampu penerangan jalan desa menggunakan panel surya di Desa Borisallo, Kecamatan Parangloe, Kabupaten Gowa, Minggu (01/10/2023).

Mengusung tema ‘Pelatihan dan Implementasi Panel Surya untuk Penerangan Jalan Desa, tim dosen PKM yang diketuai Ir. Muhammad Zainal Altim, ST, MT, dari FT UMI dari Fakultas Teknik Prodi Elektro yang beranggotakan Dr. Ir. H. Ansarullah, ST. MT, IPM, AseanEng dari Prodi Arsitektur, dan Ir. Andi Syarifuddin, ST, MT dari prodi Elektro, melakukan sosialisasi kepada masyarakat Desa Borisallo tentang sistem penerangan dengan memanfaatkan sinar matahari yang dikonversi menjadi energi listrik.

Disaksikan Kepala Desa Borisallo, Sofyan yang didampingi Kepala Seksi Pembangunan, Muhammad Ilyas, Kepala Seksi Pemerintahan, Syahril, beberapa staf, serta masyarakat desa Borisallo, tim PKM UMI memberikan penjelasan tentang pentingnya pemanfaatan sumber-sumber energi alternatif, seperti sinar matahari.

BACA JUGA:  Anirwan Dilantik Jadi Direktur Pascasarjana Unpacti Makassar

Dalam sosialisasi tersebut, Muhammad Zainal memaparkan, panel surya merupakan perangkat yang mengubah energi matahari sebagai sumber daya alam yang terbarukan menjadi energi listrik yang ramah lingkungan, karena tidak menimbulkan emisi gas rumah kaca dan tidak merusak lingkungan.

“Penerapan panel surya ini memiliki biaya operasional yang rendah, bahkan tidak perlu lagi membayar tagihan listrik. Biaya perawatan rendah, tidak memerlukan kabel listrik yang rumit serta tidak memerlukan sumber listrik cadangan,” terangnya.

Selain itu, lanjutnya, panel surya dapat menghemat energi karena hanya menggunakan energi saat matahari sedang bersinar dan menyimpannya ke dalam baterai untuk digunakan pada malam hari. Olehnya itu, pemanfaatan panel surya untuk penerangan jalan desa menjadi solusi yang dapat diandalkan.

“Jadi secara tidak langsung, implementasi panel surya untuk penerangan jalan desa dapat memberi manfaat yang besar bagi masyarakat, terutama dalam meningkatkan aktivitas masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan dasar seperti belajar, beribadah, berbisnis dan hal-hal lain yang berhubungan dengan keseharian masyarakat desa. Pemanfaatan energi surya sebagai penerangan jalan umum dapat menjadi alternatif yang efektif untuk terapkan di desa,” paparnya.

BACA JUGA:  SLBN 1 Makassar Gelar Karya dan Pameran Kewirausahaan

Terpantau saat pelaksanaan, masyarakat sangat antusias dalam mengikuti kegiatan. Bahkan, dalam proses pemasangan lampu panel surya di beberapa titik jalan desa, masyarakat ikut berpartisipasi aktif dalam merakit hingga pemasangan lampu.

  • Bagikan