banner 728x90

392 Jemaah Haji Sulbar Tiba di Makassar, 1 “Tinggal Selamanya” di Tanah Suci

  • Bagikan

NusantaraInsight, Makassar – Sebanyak 392 jemaah haji asal Sulawesi Barat (Sulbar) yang tergabung dalam kloter 17 debarkasi Makassar tiba di asrama haji Sudiang Makassar, Senin 17 Juli 2023.

Jemaah kloter 17 ini mendarat di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar pada pukul 17.30 WITA, untuk selanjutnya dilakukan prosesi penyerahan jemaah kepada pemerintah Provinsi Sulbar di asrama haji Sudiang Makassar pukul 18.20 WITA.

Sejumlah pejabat Pemprov Sulbar dan Pemkab Polewali Mandar (Polman) hadir dalam prosesi penyerahan kloter 17 ini, diantaranya Kepala Biro Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Muh. Saleh Rachim mewakili gubernur, Wakil Bupati Polman M. Natsir Rahmat, anggota DPRD Sulbar, Kepala Kemenag Kab. Polman serta Kepala Seksi PHU Kanwil Kemenag Sulbar.

Kabiro Pemerintahan dan Kesra Prov Sulbar, Muh. Saleh Rachim dalam sambutannya ketika menerima jemaah kloter 17 ini dari Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) embarkasi – debarkasi Makassar menyatakan rasa empatinya atas wafatnya salah satu jemaah haji kloter 17 asal Subar di Arab Saudi.

BACA JUGA:  Kluster Ketiga Jemaah Haji Malut Tiba, Sembilan Wafat

”Salah satu jemaah kita telah dipanggil oleh Allah SWT, semoga almarhum diberi tempat terbaik di sisi Allah SWT. Meski demikian, kita juga patut bersyukur bahwa 392 jemaah kloter 17 ini kembali ke tanah air dengan lancar tanpa kurang suatu apapun,” ucapnya.

Tentu semua ini bisa dicapai, kata Saleh Rachim, karena pelayanan yang baik dari PPIH embarkasi – debarkasi UPG Makassar. Olehnya itu dia menyampaikan ucapan terima kasih kepada PPIH debarkasi Makassar yang dinilainya telah melayani jemaah haji Sulbar dengan baik.

“Kami juga meminta maaf bila ada tindak tanduk dari jemaah dan petugas kami yang kurang berkenan, insya Allah dedikasi dan kerja keras kita semua bernilai ibadah di sisi Allah SWT,” pungkasnya.

Jemaah haji kloter 17 yang diserahkan Kepala Bidang Penerimaan Jemaah PPIH debarkasi Makassar Wahyuddin Hakim, malam ini juga langsung diberangkatkan ke Polewali Mandar dengan menggunakan 10 unit bus.*

  • Bagikan