banner 728x90

Unpacti Makassar Gelar Pelatihan Instalasi dan Perakitan Komputer di Gowa

  • Bagikan

NusantaraInsight, Makassar — Universitas Pancasakti (Unpacti) Makassar menggelar Pelatihan Instalasi dan Perakitan Komputer, di Tabbanga, Dusun Pancana, Desa Julukanaya, Kecamatan Pallangga, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Ahad, 19 November 2023.

Pelatihan diikuti 30 peserta terdiri atas mahasiswa dan pelajar, serta remaja yang menetap di sekitar Desa Julukanaya, Kecamatan Pallangga, Kabupaten Gowa.

“Kami mengadakan pelatihan dengan tujuan kegiatan meningkatkan akses teknologi, akses lebih luas teknologi komputer kepada masyarakat, terutama yang sebelumnya memiliki akses terbatas atau bahkan tidak memiliki akses sama sekali,” kata Ketua Panitia Firman Aziz ST MT, kepada wartawan di Makassar, Senin, 20 November 2023.

Pelatihan juga bertujuan untuk peningkatan literasi digital, meningkatkan pemahaman dan keterampilan masyarakat terkait dengan penggunaan teknologi komputer, termasuk pemahaman mengenai sistem operasi (windows) dan komponen perangkat keras.

“Pelatihan ini juga sebagai upaya peningkatan peluang pekerjaan, meningkatkan potensi peserta pelatihan untuk mendapatkan pekerjaan atau berwirausaha di bidang IT dan teknologi komputer,” kata Firman.

Selain itu diharapkan ada dampak positif pada pendidikan, memfasilitasi pendidikan dengan memberikan akses teknologi komputer yang dapat digunakan oleh siswa, pelajar, dan guru dalam proses pembelajaran.

BACA JUGA:  Kolaborasi Perguruan Tinggi di Sulawesi Selatan dalam Pelatihan LMS SMP Semen Tonasa 1

Tujuan lainnya yaitu pemberdayaan komunitas, memberdayakan masyarakat setempat agar lebih mandiri dalam mengelola dan memahami komputer mereka sendiri, termasuk pemeliharaan, perbaikan ringan, dan perakitan komputer.

Pelatihan juga bertujuan sebagai pengembangan ekosistem IT lokal, mendorong pengembangan ekosistem IT Lokal, termasuk teknisi lokal dan bisnis terkait IT, yang dapat berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi di daerah tersebut.

“Juga untuk meningkatkan keberlanjutan, menyediakan pelatihan dan dukungan teknis yang berkelanjutan untuk memastikan bahwa pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh masyarakat dapat dipertahankan dan dikembangkan seiring waktu,” tutur Firman, yang dalam kepanitiaan didampingi tiga anggota yaitu Muhammad Arafah, Boben Mambela, dan Neti Wijaya.

Narasumber dalam pelatihan ini yaitu Jeffry SKom MT, Syahrul Usman SKom MT, serta Rachmat Rakes.
Firman menambahkan, Universitas Pancasakti Makassar membina sembilan program studi, yaitu S1 Ilmu Komputer, S1 Farmasi, S1 Kesehatan Masyarakat (Kesmas), S1 Ilmu Komunikasi, S1 Ilmu Pemerintahan, S1 Pendidikan Fisika, S1 Pendidikan Bahasa Indonesia, S1 Pendidikan Matematika, serta S2 Ilmu Pemerintahan.

  • Bagikan