banner 728x90

CATATAN SHOLAT KHUSYUK

  • Bagikan

NusantaraInsight, Makassar — Kemarin, tanggal 5 Agustus 2023 di hotel Remcy Makassar, saya mendapat undangan langsung dari ustad Ahmad Ibrahim sebagai ketua panitia dan pak Suroso Kartono untuk menghadiri sebuah seminar tentang pelatihan sholat khusyuk.

Tentu saja, ini menarik untuk saya ikuti. Apalagi sholat yang kita lakukan setiap hari masih seringkali tidak khusuk karena banyaknya kesibukan.

Pagi-pagi sekali sekitar pukul 08.00 saya sudah hadir di hotel yang sudah hadir beberapa orang ibu-ibu dan bapak-bapak professor dari perguruan tinggi.

Saya yang hadir bersama ibunda, langsung disambut hangat oleh ketua panitia bapak ustad Ahmad Ibrahim dan dipersilahkan untuk menduduki tempat yang telah disediakan panitia.

Yang menarik dari seminar ini adalah kita dipandu langsung oleh bapak KH Lukman Hakim seorang penulis bukunya yang juga langsung mengajari kita cara untuk sholat dengan khusuk.

Untuk mencapai kekhusukan sholat ada metode yang digunakan yang sudah diakui oleh Majelis Ulama Indonesia. Metode tersebut adalah dengan 3T yaitu:

1. Tumaninah. Yaitu sholat dilakukan dengan tenang dan santai serta tidak terburu buru. Fokus pada kata Bismillah yang berarti Allah Maha Kasih dan Sayang pada kita.

BACA JUGA:  SKEMA: Obituari Joko Pinurbo (1962 - 2024)

2. Yang kedua adalah Tafakkur. Yaitu sholat dilakukan dengan cara memahami makna ayat yang diucapkan dalam hati. Ini untuk menjaga fokus kita pada kegiatan ibadan spiritual kita.

3. Yang terakhir adalah Tadabbur. Yang artinya sholat dilakukan dengan penghayatan, atau dengan kata lain penuh penjiwaan. Sehingga kita mencapai tingkat kesadan tertinggi yang pada akhirnya akan mengantarkan kita pada perilaku berakhlak mulia.

Dan jika kita sudah berperilaku yang mulia, maka tentu saja kita akan dirindukan surga sehingga kita memiliki kesempatan masuk ke dalam surga tanpa hisab karena keridhoan Allah menyaksikan ibadah dan kegiatan kita di dunia.

Sebuah pelatihan yang baik disebarkan untuk semua kalangan yang menginginkan perubahan yang baik dalam perilakunya dengan kekhusukan sholat.

Semoga dengan ilmu ini, kita semua dapat meninggal khusnul khotimah, dilapangkan kuburnya dan masuk ke dalam surga Firdausnya Allah tanpa hisab. Aamiin Alfatiha.

ASRUL SANI ABU.

  • Bagikan