banner 728x90

Peringati Hari Sumpah Pemuda, Bunda Pustaka SD Negeri Borong, Makassar, Gelar Lomba Rangking 1

  • Bagikan

NusantaraInsight, Makassar — Mengukur pengetahuan dan wawasan anak, bisa dengan cara menyenangkan. Salah satunya melalui Lomba Rangking 1, sebagaimana diadakan Bunda Pustaka SD Negeri Borong, Sabtu, 28 Oktober 2013.

Lomba Rangking 1 ini diadakan dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda yang ke-95. Tema peringatan Hari Sumpah Tahun, tahun 2023, adalah “Bersatu Memajukan Indonesia”.

Dalam lomba ini, hanya akan ada satu orang pemenang. Peserta yang lain akan segera gugur dan keluar dari arena kompetisi manakala jawabannya salah.

Lomba Rangking 1 ini pernah populer sebagai tayangan televisi dalam bentuk kuis dan game show, di Trans TV, tahun 2012. Acara ini awalnya dipandu presenter Ruben Onzu dan Sarah Sechan. Karena menarik, acara ini diadaptasi sebagai kegiatan lomba di sekolah.

Di Indonesia, kita juga mengenal acara-acara sejenis, seperti Cerdas Cermat dan Cepat Tepat, yang ditayangkan di TVRI stasiun pusat Jakarta.

Lomba Rangking 1 di SD Negeri Borong, Kecamatan Manggala, Kota Makassar ini, menghadirkan Kepala UPT SPF SD Negeri Borong, Dra Hj Hendriati Sabir, dan pegiat literasi sebagai jurinya. Keduanya juga yang membuat daftar pertanyaan seputar Sumpah Pemuda, dan soal-soal pengetahuan umum lainnya.

BACA JUGA:  Hari Pertama A. Ibrahim di Disdik Sulsel

Ketentuannya, peserta cukup mendengar dan menyimak dengan baik pertanyaan yang dibacakan oleh juri secara bergantian. Jawaban pertanyaan, cukup “benar” atau “salah”, dengan mengangkat tanda centang jika benar, dan tanda kali bila salah.

Acara dipandu oleh Herlina Muallim (Bunda Nadia), orangtua siswa yang tergabung dalam Bunda Pustaka, dan Andi Aisyah Ramadhani (Icha), murid kelas 4. Acara ini dihadiri oleh Ketua Bunda Pustaka SD Negeri Borong, Mulyati Husain, pengurus Bunda Pustaka, dan dewan guru.

Pertanyaannya Lomba Rangking 1 ini seputar peringatan Hari Sumpah Pemuda dan pengetahuan umum. Namun, peserta dibedakan atas 3 kelompok. Yakni, Kelompok A untuk kelas 1-2, kelompok B untuk kelas 3-4, dan kelompok C untuk kelas 5-6.

Dalam Lomba Rangking 1 yang diadakan oleh Bunda Pustaka SD Negeri Borong, keluar sebagai pemenang untuk masing-masing kategori adalah: Kategori A, juaranya Andi Alfatih, dari kelas 2B;
Kategori B, juaranya Aisyah Afiqah Rianto, dan kelas 3 B; dan Kategori C, juaranya Jibril, dari kelas 5B.

Kegiatan lomba ini makin meriah karena setelah penyerahan hadiah, ada kejutan buat Hj Hendriati Sabir, yang hari itu berulang tahun. Kepala sekolah yang akrab disapa Bu Indri itu mendapat ucapan selamat ulang tahun dari para guru, murid-murid, pustakawan, dan pengurus Bunda Pustaka. (*)

  • Bagikan