banner 728x90

Lurah Maccini Sombala Membuka Dialog Lorong Bahas OCSEA

  • Bagikan

NusantaraInsight, Makassar — Lurah Maccini Sombala Saddam Musma membuka Dialog Lorong bersama warga dipelopori oleh Online Chlid Sexuak Eksploitation and Abuse (OCSEA) atau Eksploitasi dan Pelecehan Seksual Anak Online di Lorong Religi Kelurahan Maccini Sombala, Minggu (16/7/2023).

Mengangkat tema “Edukasi OCSEA di Ranah Daring Bersama Shelter Warga Maccini Sombala” dialog lorong ini dipandu oleh Sadriana,SE dan didaulat sebagai pembicara adalah Rachmat Tumengkol, SE.,MM (Fasilitator OCSEA) dan Rahman Rumaday (Founder K-Apel).

Saddam Musma dalam arahannya membuka dialog lorong menyampaikan bahwa OCSEA ini sejalan dengan program kota Makassar yaitu Jagai Anak ta.

Dimana OCSEA adalah kolaborasi UNICEF melalui Yayasan BaKTI bekerja sama dengan Pemkot Makassar untuk menyukseskan Program Online Child Sexual Exploitation And Abuse (OCSEA)/Pelecehan dan Eksploitasi Seksual Anak Secara Online.

“Tentu OCSEA ini sejalan dengan program unggulan Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto yakni Jagai Anakta’ sejak periode pertama ia menjabat,” ucapnya.

“Dimana Program Jagai Anakta’ merupakan upaya deteksi dini masalah sosial yang kerap melibatkan anak-anak, baik sebagai pelaku maupun korban kekerasan ataupun kejahatan lainnya dan perlu ditingkatkan,” terangnya.

BACA JUGA:  DARI GERBANG KE GERBANG

“Jadi ini salah satu bentuk pencegahan yang dilakukan Yayasan BaKTI melalui support UNICEF untuk mendukung program Pemkot Makassar Jagai Anakta’,” pungkas Saddam Musma.

Program OCSEA sendiri mulai berjalan di Kota Makassar pada Februari 2023. Dimana tahap awal  UNICEF melalui Yayasan BaKTI akan melakukan penguatan deteksi dini di enam kelurahan dan menyasar layanan perlindungan anak di tingkat kelurahan.

Sebelumnya, Perwakilan Yayasan BaKTI, Arafah mengatakan  untuk wilayah Makassar ada enam kelurahan yang akan menjadi intervensi dalam Program OCSEA selama 2023 hingga April 2024.

Tiga kelurahan di Kecamatan Manggala yakni Batua, Manggala, dan Bangkala. Sedangkan di Kecamatan Ujung Tanah yaitu Pattingalloang, Maccini Sombala Kecamatan Tamalate, dan Tamamaung Kecamatan Panakkukang.

“Kelurahan ini sudah kami koordinasikan lebih awal dengan ibu kadis terkait dengan shelter warga, dan kelurahan apa saja yang respon baik pemerintah maupun masyarakatnya sehingga apa yang kita lakukan ini berjalan dengan baik dan lanjut,” paparnya.

Arafah menyebut ada 13 kegiatan inti dalam Program OCSEA. Beberapa diantaranya yakni pelatihan guru yang menyasar guru SD, SMP, dan SMA.

BACA JUGA:  Aksi Mahasiswa "Pemakzulan Jokowi" dan "Tolak Pemilu Curang" di Tugu Reformasi Universitas Trisakti

Kegiatan peer share dari guru ke siswa dan peer share siswa terlatih ke anak lainnya dengan menyasar siswa SD, SMP, dan SMA dengan usia 9-17 tahun.

  • Bagikan