banner 728x90

Rektor Prof Ojat Darojat: 60 Persen Mahasiswa UT Berumur Dibawah 24 Tahun.

  • Bagikan

NusantaraInsight, Makassar — Jumlah mahasiswa UT tahun 2023 saat ini telah mencapai 525 360 orang. Pencapaian jumlah itu menjadikan UT merupakan kampus dengan jumlah mahasiswa terbesar.

Masa Covid-19 sejak 2019 menjadikan UT semakin populer di kalangan generasi milenial. Data terakhir menunjukkan sekitar 60 persen mahasiswa berumur dibawah 24 tahun.

Demikian ditegaskan Rektor UT, Prof Ojat Darojat, M.Bus, P.hD saat membuka Seminar Akademik UT Makassar, Ahad 3 Desember 2023 di Hotel Gammara Makassar.

Dijelaskan, kampus negeri di tahun 1984 terbatas daya jangkau dan akses masuk pendidikan tinggi sehingga pemerintah membuka kampus UT untuk memberi akses pendidikan tinggi secara merata kepada yang tidak terjangkau.

UT juga menyediakan kesempatan kuliah bagi warga negara yang sudah bekerja tetapi ingin meningkatkan kualitas diri dan keterampilan karena keterbatasan waktu menjadikan UT sebagai salah satu pilihan kuliah dengan berbagai model media pembelajaran, katanya.

Kondisi ini jauh berbeda pada 38 tahun lalu ketika UT didominasi orang tua, kakek dan nenek. Kenyataan ini memberi gambaran kalau segmentasi mahasiswa UT bergeser pada kalangan generasi milenial.

BACA JUGA:  Sekolah Putri Darul Istiqamah Maros Launching 6 Buku Antologi Karya Santri dan Guru

Semakin dominan mahasiswa dari kalangan anak muda sehingga saat ini ada semacam pameo yang mengatakan, bukan generasi milenial kalau kuliahnya masih di kampus konvensional.

Seminar ini mengusung tema, Strategi Pembangunan Pertanian untuk Mendukung Ketahanan Pangan dan Peningkatan Daya Saing Berkelanjutan dengan moderator, Dosen Prodi Magister Manajemen Perikanan UT, Dr Jalil S.Pi MP

Tampil selaku nara sumber Menteri Pertanian RI, diwakili Kepala BSIP Kementan, Prof Dr Ir Fadjry Djufry, M.Si.
Pejabat Gubernur Sulsel, diwakili Kadis
Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Sulsel, Dr Imran Jausi;
Bupati Wajo, Dr H Amran Mahmud S.Sos, M.Si dan pakar ekonomi dari UMI Makassar, Prof Dr H Mansyur Ramly M.Si.

Direktur UT Makassar, Prof Dr Abdul Rahman pada kesempatan itu mengucapkan terima kasih atas kehadiran para nara sumber memberikan materi kepada calon sarjana UT yang akan menjalani prosesi wisuda daerah UT pada Senin 4 Desember 2023.l

Dijelaskan saat ini jumlah mahasiswa UT Makassar mencapai sekitar 10 ribu orang dan yang akan menjalani prosesi
wisudawan periode ke 2, tahun 2023 berjumlah 737 orang. ***

  • Bagikan