banner 728x90

Ilham Azikin Bangun HALS di Letta dan Malilingi

  • Bagikan

NusantaraInsight, Bantaeng — Bupati Bantaeng Ilham Azikin melaksanakan Ground Breaking (Peletakan Batu Pertama) program Hibah Air Limbah Setempat (HALS) Kabupaten Bantaeng 2023 di Kelurahan Letta dan Kelurahan Malilingi, Kecamatan Bantaeng, Sabtu (5/8).

HALS sanitasi septik bertujuan meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat dan kualitas lingkungan dengan penyediaan prasarana bidang air limbah tangki septik untuk mendukung Layanan Lumpur Tinja Terjadwal (LLTT).

Lurah Letta, Ayuningthyas mengatakan, ada sebanyak 45 Kepala Keluarga penerima manfaat HALS di wilayahnya. Mewakili warganya, dia mengucapkan terima kasih kepada Bupati Bantaeng Ilham Azikin. Dengan adanya HALS, Buang Air Besar Sembarangan (BABS) dapat berkurang dan dapat menjaga kesehatan lingkungan.

“Mewakili warga, saya mengucapkan terima kasih atas HALS dari bapak Bupati Bantaeng. Dengan adanya program ini BABS bisa berkurang dan dapat mencegah stunting. Sanitasi lingkungan bisa lebih baik serta penanggulangan kemiskinan ekstrem bisa efektif,” kata dia.

“Saya juga berpesan kepada warga penerima manfaat, agar HALS digunakan sebaik-baiknya sehingga penggunaan bisa berlangsung lebih lama. Semoga program ini dapat terlaksana dengan baik dan menjadi amal jariah,” tambahnya.

BACA JUGA:  Pj Gubernur Sulsel Kembali Tebar 400 Ribu Bibit Ikan di Bone

Sementara itu, di Kelurahan Malilingi terdapat 40 penerima manfaat HALS. Bupati Bantaeng Ilham Azikin dalam sambutanya mengatakan, pemerintah Kabupaten Bantaeng akan senantiasa hadir untuk kemaslahatan masyarakat.

“Sanitasi lingkungan adalah kebutuhan dasar masyarakat. Dengan sanitasi yang baik, lingkungan kita akan bersih sehingga masyarakat bisa hidup produktif. Anak-anak dapat bersekolah dengan baik, dan para orang tua bisa beraktivitas produktif di sektor kelautan, pertanian maupun keagamaan kalau sanitasinya sehat,” kata dia.

Bupati peraih penghargaan Satyalancana Wira Karya itu berharap, KSM yang bertanggung jawab dengan pembangunan HALS, agar dikerjakan dengan baik dan penerima manfaat bisa merasakan manfaatnya dan menjaga agar dapat digunakan dalam waktu yang panjang.

“Kalau sudah terbangun dengan baik dipelihara supaya ada manfaatnya, karena anak-anak kita ke depan juga membutuhkan seperti apa yang kita dapatkan hari ini,” kata dia. (*)

  • Bagikan