banner 728x90

Rumah BUMN Bantaeng Kembangkan Laju UKM, Terapkan QRIS BNI

  • Bagikan

NusantaraInsight, Bantaeng – Bimbingan Teknis (Bimtek) Akses Permodalan dan Plafon Kredit untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) digelar oleh Rumah BUMN (RB) Kabupaten Bantaeng tengah berlangsung di gedung RB Bantaeng pada Kamis, 12 Oktober 2023.

Turut hadir Tim BNI Cabang Bulukumba, serta 35 peserta dari berbagai pelaku usaha, mulai dari usaha kuliner, organik, dan konsumen elektronik.

Sebagai informasi, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka peningkatan kualitas UMKM dengan metode aplikasi Bank BNI salah satunya adalah Quick Response Indonesia Standard (QRIS).

Selain itu RB Bantaeng bersama Bank Negara Indonesia (BNI) telah lama mencanangkan program peningkatan kualitas usaha UKM Bantaeng.

Hal itu dijelaskan Fachruddin Maula, Koordinator RB Bantaeng setelah melaksanakan 9 Bimtek menuju usaha yang betul-betul menjadi perhatian besar untuk masyarakat dan khususnya pelaku usaha.

“Kegiatan ini terlaksana atas dukungan BNI yang disalurkan melalui dana CSR pusat dan diamanahkan kepada kami. Jadi kegiatan hari ini kegiatan yang ke-10 dari 11 kegiatan. Untuk hari ini itu kita akan diperkenalkan untuk menerbitkan produk kita melalui QRIS BNI,” terangnya.

BACA JUGA:  Saddam Musma Sentuh Hati Masyarakat Maccis

Terpisah Zulkifli, utusan BNI Cabang Bulukumba menjelaskan sistem QRIS BNI dapat digunakan melalui berbagai aplikasi dengan kode QR dan telah mendapatkan standarisasi dari Bank Indonesia (BI).

“QRIS ini merupakan standar kode QR yang sudah terstandarisasi oleh BI, sehingga kita pakai dengan satu kode QR yang sama. Ini dapat digunakan oleh berbagai applikasi dan QRIS ini dikembangkan oleh BI dan ASPI (Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia),” jelasnya.

Sementara Takdir, partner Zulkifli dari BNI Cabang Bulukumba memaparkan salah satu program BNI selain memakai sistem QRIS yakni Agen 46. Agen tersebut dapat menyediakan keuangan atau perbankan tanpa melalui kantor untuk mendukung inklusi keuangan.

“Di BNI kita memiliki value sebagai Agen 46 dan costumer. Agen 46 ini itu pelayanannya dekat dan mudah, misalnya kita sedang ngopi sama teman bisa langsung melalui kita sebagai Agen 46 dan bagi costumer. Jadi bagi yang mau jadi Agen 46 nanti, selain dapatki keuntungan, ada banyak transaksi yang ditawarkan, dan semua ini kalau berkembang, tentu sudah pasti dapatki kesempatan mengembangkan usahata dengan modal KUR,” paparnya.

BACA JUGA:  Penyidik DJP Sita Aset Tersangka Penggelapan Pajak

Usai Bimtek, beberapa peserta mengajukan dirinya untuk bergabung dalam menggunakan sistem QRIS dan mendaftarkan dirinya menjadi Agen 46.

Berikut syarat menjadi Agen 46 BNI:

1. Dikenal oleh masyarakat sekitarnya.,
2. Memiliki penghasilan utama minimal 2 tahun.,
3. Memiliki kemampuan likuiditas atau modal.,
4. Mampu memasarkan produk.,
5. Memiliki persyaratan identitas legalitas:
a. Perorangan
– KTP
– NPWP (optional)
b. Badan hukum atau badan usaha:
– Akte pendirian.,
– AD/ART.,
– SIUP, SITU, TDP, NPWP.,
– Pengesahan Kemenkumham dan.,
– Pengesahan kementerian/institusi/lembaga terkait.

  • Bagikan