banner 728x90

Ince Rahmah Ismail Meraih Doktor Sosiologi ke-207 Pascasarjana UNM

  • Bagikan

NusantaraInsight, Makassar — Dosen Universitas Andi Djemma Palopo Ince Rahmah Ismail, S.Ag, M.Si, berhasil meraih Doktor Sosiologi ke-207 serta Doktor ke-1278 Pascasarjana UNM, dengan IPK 3,93 Sangat Memuaskan pada sidang ujian promosi yang digelar Rabu 13 September 2023 secara daring.

Ince Rahmah Ismail, berhasil mempertahankan disertasi di depan sidang ujian promosi berjudul Pemberdayaan Nelayan Pa’belle Studi Tindakan Komunikatif untuk Kepentingan Pembangunan di Kabupaten Luwu.

Tampil selaku promotor selama penulisan disertasi yakni : Prof Rabihatun Rauf Idris, MS dan Kopromotor, Prof Dr Andi Ima Kesuma, M.Pd.

Pada ujian promosi ini bertindak selaku Ketua Tim Penguji, Prof Dr Syukur Said. M.Pd sehari-hari adalah Asisten Direktur III Pascasarjana UNM.

Para penguji internal yakni, Ketua Prodi S3 Sosiologi PPs-UNM, Prof Dr Syamsu Andi Kamaruddin, M.Si; Dr Firdaus Suhaeb, M.Si.

Dosen penguji eksternal, Dr Muhammad Yahya Mustafa M.Si, sehari-hari adalah dosen Prodi S1 Ilmu Komunikasi Fisip Unismuh Makassar.

Simpulan dari disertasi dosen Universitas Andi Djemma Palopo ini, masalah yang terjadi antara pemerintah dengan nelayan pa’belle pada pemberdayaan di Desa Karang-Karangan mencakup, bantuan pemerintah banyak yang salah sasaran, tidak berbasis kebutuhan masyarakat.

BACA JUGA:  IKA UNM Gelar Jalan Sehat, Berbagai Hadiah Menarik Menanti Peserta

Masalah internal dalam kelompok nelayan seperti ketua kelompok yang tidak berfungsi dan kurang pengalaman berorganisasi sehingga kelompok nelayan tidak inovatif dan berprestasi.

Tindakan komunikatif nelayan pa’belle dalam proses pemberdayaan dimana tindakan nelayan mengalami perubahan dari budaya segan mengkritik menjadi berani dan terbuka atas masalah yang terjadi dan berani mengkritisi masalah tersebut.

Arah pemberdayaan nelayan pa’belle di Desa Karang-Karangan orientasinya pada penguatan kelompok nelayan dan peran nelayan itu sendiri seperti peningkatan pengetahuan digitalisasi kegiatan nelayan, penyadaran pentingnya lingkungan melibatkan pihak luar pemerintah dalam proses pemberdayaan.

Ince Rahmah Ismail lahir di Kota Palopo 2 April 1973. Tamat SMA Pesantren Dato Sulaiman Palopo 1992. Alumni IAIN Alauddin Makassar jurusan aqidah filsafat 1997. Magister Sosiologi PPs-Unhas 1999. Sejak 2005 jadi dosen Fisip Universitas Andi Djemma Palopo. ***

  • Bagikan