banner 728x90

Kalahkan Filipina 2-0, Indonesia Lolos ke Babak Ketiga

  • Bagikan
Indonesia menang 2-0 atas Filipina
Tom Haye membawa Indonesia unggul atas Filipina

NusantaraInsight, Jakarta — Tim nasional Indonesia lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, setelah menang 2-0 atas Filipina.

Kemenangan Timnas Garuda ini berkat gol Thom Haye dan Rizky Ridho.
Indonesia sendiri menghadapi Filipina di Stadion Gelora Bung Karno, Selasa (11/6/2024) malam WIB, dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026. Timnas butuh kemenangan untuk menyegel langsung kelolosan ke babak ketiga.

Tiga poin itu terwujud, diawali gol Thom Haye pada menit ke-32. Rizky Ridho menggandakan keunggulan timnas pada menit ke-56

Hasil ini memastikan Indonesia lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 tanpa menunggu hasil Irak vs Vietnam. Dengan 10 poin, timnas tak akan terkejar lagi oleh Vietnam yang baru mengumpulkan enam poin menuju laga lawan Irak.

Jalannya Pertandingan

Indonesia langsung menerapkan pressing tinggi selepas pluit dibunyikan. Sejumlah serangan mengejutkan diperagakan Asnawi Mangkualam dkk, namun belum terselesaikan dengan baik.

Thom Haye merangsek dari kanan pada menit keenam, lalu memberi umpan tarik ke Ragnar Oratmangoen. Namun bola diblok oleh bek Filipina.

BACA JUGA:  Bayern Munchen vs Arsenal Skor 1-0

Haye kembali beraksi di kanan dua menit berselang, kali ini menerima sodoran dari Asnawi Mangkualam. Umpan silangnya ditanduk oleh Marselino dan masih tepat ke arah kiper Kevin Ray Mendoza.

Sebuah sepakan keras dari Calvin Verdonk dari sudut sempit di sisi kiri belum mengarah ke gawang. Bola meluncur deras ke atas.

Peluang emas buat Indonesia pada menit ke-28. Umpan silang Rafael Struick disambar Verdonk di tiang jauh, tapi masih bisa dihalau kiper dengan kaki!

Tak lama berselang, Marselino coba menusuk dan melepas tembakan dari tengah. Belum membuahkan hasil. Sundulan Justin Hubner dari sepak pojok juga cuma menyamping saja.

GOL! Indonesia memimpin pada menit ke-32. Timnas merebut bola di area tengah, lalu dialirkan ke Thom Haye. Haye lantas melepaskan sepakan terukur ke pojok kanan gawang dari depan kotak penalti.

Ragnar Oratmangoen melakukan sepakan spekulatif dari luar kotak penalti pada menit ke-42. Masih melesat ke atas mistar gawang saja. Skor 1-0 bertahan sampai babak pertama berakhir.

BACA JUGA:  Putus Keperkasaan Leverkusen, Atalanta Juarai Liga Europa

Timnas langsung menggebrak selepas rehat. Oratmangoen gagal menyambar bola di depan gawang, demikian pula pada kesempatan kedua saat Verdonk mengirim umpan.

Sebuah percobaan dari Jesper Nyholm hampir mengancam Indonesia. Bola masih berakhir di samping gawang.

GOL! Indonesia mencetak gol kedua pada menit ke-56. Tendangan bebas Nathan Tjoe-A-On disambar sundulan Rizky Ridho di depan gawang dan menaklukkan kiper.

  • Bagikan