banner 728x90

Tabur Bunga dan Ziarah Tandai Peringatan HUT PGRI dan HGN 2023

  • Bagikan

NusantaraInsight, Makassar — Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Sulawesi Selatan melaksanakan upacara dan tabur bunga serta ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Panaikang Makassar, Sabtu (11/11/2023).

Acara yang merupakan inisiasi Perempuan PGRI Sulsel itu, merupakan rangkaian acara dalam Hari Ulang Tahun (HUT) PGRI ke-78 dan Hari Guru Nasional (HGN) 2023.

Sebagaimana diketahui HUT PGRI ke-78 dan HGN jatuh pada tanggal 25 November dan perayaannya merupakan agenda rutin dari PGRI Sulsel.

Sebelum dilakukan tabur bunga dan ziarah, dilaksanakan upacara yang dipimpin langsung oleh Sekretaris Umum PGRI Sulsel Prof Muhlis Madani yang bertindak selaku inspektur upacara.

Menurut Prof Muhlis Madani yang akrab disapa Kak Ulli itu, bahwa upacara, tabur bunga dan ziarah TMP ini adalah rangkaian acara dari HUT PGRI ke-78 dan HGN 2023 yang kebetulan acaranya dirangkaikan dengan Hari Pahlawan yang jatuh pada tanggal 10 November 2023 kemarin.

“Kegiatan ini diinisiasi oleh Perempuan PGRI Sulsel yang melibatkan pengurus provinsi PGRI Sulsel, perangkat kelengkapan organisasi PGRI sulsel ( Perempuan PGRI, APKS, SLCC), pengurus Kota PGRI Makassar dan anggota PGRI dari 15 cabang,” terang Kak Ulli saat dikonfirmasi oleh media ini.

BACA JUGA:  Mahasiswa FEB Unismuh Makassar Angkat Giat Diskuminfo

Ia melanjutkan bahwa karena bertepatan dengan Hari Pahlawan maka rangkaian peringatan HUT PGRI ke-78 dan HGN diadakan di TMP Panaikang sebagai wujud kepedulian guru kepada jasa para pahlawan.

“Selain itu, Guru yang juga Pahlawan Tanpa Tanda Jasa sangat relevan untuk melakukan prosesi upacara di TMP Panaikang. Ini tentu bukan hanya simbolisme semata, akan tetapi ini adalah wujud penghargaan guru kepada para pahlawan bangsa,” terang Guru Besar Universitas Muhammadiyah ini.

Ia juga berharap agar guru-guru di Sulawesi Selatan dapat mendapatkan pelajaran dari perjuangan para pahlawan baik itu Pejuang Kemerdekaan maupun Pejuang Mempertahankan Kemerdekaan.

“Makna dari perayaan ini adalah agar para guru di Sulsel dapat mengambil hikmah dan pelajaran dari perjuangan pahlawan bangsa kita, agar menjadi teladan dan contoh bagi generasi yang akan datang” pungkasnya.

Usai upacara dan tabur bunga di TMP dilanjutkan ziarah ke makam mantan Ketua PGRI Sulsel dan juga mantan Ketua PB PGRI Almarhum Drs. H. Muh. Asmin, M.Pd di Pekuburan Umum Panaikang,

BACA JUGA:  Mengenal Tradisi Assuro Maca

Selanjutnya pengurus Perempuan PGRI Sulsel mengadakan silaturrahmi ke sesepuh perempuan PGRI dan mengadakan kunjungan ke panti sosial.

  • Bagikan