banner 728x90

Idul Adha 2024 di Lasape Pinrang Diwarnai Pemotongan Tiga Hewan Kurban

Dusun Lasape, Desa Katomporang, Pinrang
Pemotongan hewan kurban di Dusun Lasape, Desa Katomporang, Pinrang

Laporan : Magfirah Rahmadillah Herman (Mahasiswa Ilmu Komunikasi Unismuh Makassar)

NusantaraInsight, Pinrang — Perayaan Idul Adha Senin 17 Juni 2024 di Dusun Lasape, Desa Katomporang, Pinrang kembali diwarnai semangat kebersamaan dan kedermawanan.

Salah satu tradisi yang terus dilestarikan adalah kurban berkelompok, di mana setiap sapi dikurbankan oleh tujuh orang secara patungan.

Proses ini dilakukan di kediaman Bu Hasnah, seperti tahun-tahun sebelumnya.

Tahun ini, ada tiga ekor sapi yang dikurbankan di rumah Bu Hasnah, jumlah yang sama seperti tahun lalu. Sejak pagi hari, warga sudah mulai berkumpul di sekitar kediaman Bu Hasnah untuk menyaksikan persiapan penyembelihan.

Setelah melaksanakan sholat Idul Adha di masjid Nurul Syamsiah Lasape, warga segera menuju lokasi kurban.

Suara takbir berkumandang mengiringi proses penyembelihan yang dilakukan dengan khidmat.

Terlihat para anggota kelompok kurban, tampak penuh rasa syukur saat sapi-sapi tersebut dikurbankan. “Alhamdulillah, kami bisa kembali berkurban tahun ini.

Semoga kurban ini membawa berkah bagi kita semua,” ujar Pak Mansyur dengan senyum hangat.

BACA JUGA:  Tinjauan Kritis Kinerja Pemuda

Proses penyembelihan dan pengulitan sapi dilakukan oleh warga yang sudah berpengalaman, memastikan semuanya berjalan sesuai dengan syariat Islam.

Setelah itu, daging sapi dibagi-bagikan kepada warga sekitar, khususnya mereka yang membutuhkan. Panitia kurban bekerja dengan sigap untuk memastikan pembagian daging dilakukan secara adil dan merata.

Perayaan Idul tahun ini tidak hanya menjadi momen ibadah, tetapi juga memperkuat rasa kebersamaan dan kepedulian antar sesama.

Tradisi kurban berkelompok ini memberikan inspirasi bagi warga lainnya untuk selalu bersyukur dan berbagi rezeki dengan sesama. Semoga semangat kebersamaan ini terus terjaga dan menjadi teladan bagi generasi mendatang.***

Iklan Amri Arsyid