banner 728x90
Sport  

UFC 302: Hadapi Dustin Poirier, Islam Makhachev Penerus Legasi Khabib

Islam Makachev vs Dustin Poirier
Jadwal UFC 302

NusantaraInsight, New JerseyJuara kelas ringan, Islam Makhachev, akan menapaki jalan menjadi penerus legasi Khabib Nurmagomedov dengan melawan Dustin Poirier pada UFC 302.

Pertarungan sahabat dan mentor Khabib itu melawan Dustin Poirier akan menjadi sajian utama UFC 302 yang dihelat di Prudential Center, New Jersey, Amerika Serikat. Rangkaian pertarungan dari kartu utama akan berlangsung pada Minggu (2/6/2024) mulai pukul 09.00 WIB.

Dustin Poirier mendorong dirinya ke jalur kilat pertarungan gelar setelah mengalahkan rising star Benoit Saint Denis pada Maret lalu di UFC 299.

Kesediaan turun kasta meladeni calon penantang gelar dengan KO memberi Poirier tiket menuju pertarungan gelar yang ketiga baginya di UFC.

Poirier sebelumnya selalu gagal dalam dua percobaan yang terjadi pada 2019 di UFC 242 dan 2023 di UFC 269.

Percobaan pertama The Diamond berakhir dengan kuncian Khabib Nurmagomedov pada ronde ketiga. Dia juga kalah dengan cara yang sama saat kemudian menantang Charles Oliveira.

Nama penakluk pertama Poirier dalam pertarungan gelar menjadi sorotan karena relasinya dengan Islam Makhachev yang saat ini bertakhta.

Makhachev dan Nurmagomedov berlatih bersama di Dagestan, Rusia, di bawah bimbingan ayah Khabib, yaitu Abdulmanap Nurmagomedov.

BACA JUGA:  Timnas Indonesia Hajar Vietnam 3 - 0

Saat Nurmagomedov pensiun dengan rekor tanggung 29-0, Makhachev diplot sebagai penerus legasi petarung Dagestan dan dia berhasil membuktikannya.

Walau rekor pertarungannya ternodai 1 kekalahan KO (25-1), Makhachev justru dianggap lebih komplet daripada Nurmagomedov.

Sebab, dia punya kemampuan yang cakap dalam striking sebagai pelengkap skill grappling mumpuni yang menjadi ciri khas petarung dari kampung halamannya.

“Khabib datang pertama dan akan selalu diingat, atas sumbangsihnya di olahraga ini, bagaimana dia mewakili Dagestan dan mengimplementasikan gaya bertarung itu,” ucap legenda UFC, Michael Bisping, kepada TNT Sports.

“Gaya bertarung itu mengambil alih olahraga ini. Namun, waktunya sudah habis. Sudah berakhir, tetapi Islam adalah sebuah versi yang baru, lebih baik.”

“Tengok tendangan kaki ke kepala yang membuat KO Alexander Volkanovski. Dia jauh lebih halus dengan kakinya. Grappling-nya sama baiknya dengan Khabib atau bahkan lebih baik.

Makachev telah mempertahankan gelarnya dua kali dengan mengalahkan Volkanovksi, eks juara kelas bulu sekaligus pertarung nomor satu lintas divisi UFC, secara back-to-back.

Kemenangan atas Poirier tidak hanya membuat Makachev menyamai Nurmagomedov tetapi juga melampauinya.

Jika tangannya terangkat setelah laga berakhir, Makachev akan mengungguli Nurmagomedov dalam kesuksesan mempertahankan gelar (3 kali) dan kemenangan beruntun (14 kali).

BACA JUGA:  Klasemen F1 2019 Usai Bottas Menangi GP Australia

“Dia sungguh membentuk dirinya sebagai juara,” sambung Bisping.

“Dia merasakannya. Dia berjalan dan berbicara dengan keberanian dan keyakinan yang datang bukan dari kepercayaan diri atau ego tetapi dari kesadaran akan apa yang bisa dilakukannya.”

Di sisi lain, Poirier tidak bisa diremehkan dengan pengalamannya. Mantan juara interim itu akan menjalani laga ke-39 dalam kiprah profesional yang berlangsung selama 15 tahun.

Kualitas Poirier telah teruji dengan mengalahkan petarung-petarung top seperti Justin Gaethje, Max Holloway, Anthony Pettis, Eddie Alvarez, hingga Conor McGregor.

Nurmagomedov sendiri, yang akhirnya kembali di sudut Makhachev setelah absen di dua laga kontrak Volkanovski, menyebut orang-orang memandang sebelah mata Poirier.

“Memakai bahasa gaul kami, dia adalah petarung berpengalaman. Kita tak bisa meremehkannya,” ucap Nurmagomedov sendiri tentang Poirier jelang UFC 309, dilansir dari BloodyElbow.

Meski begitu, Nurmagomedov percaya diri dengan kemampuan Makhachev. Kalau pertarungan berjalan sesuai rencana, bukan tidak mungkin kemenangan bisa diraih lebih cepat.

“Kami tentunya punya rencana yang dikembangkan untuk pertarungan ini, dan saya percaya Islam akan mengikutinya,” ucap Nurmagomedov.

“Saya sangat berharap agar Islam akan menyelesaikannya di ronde kedua atau ronde ketiga.” Nurmagomedov sendiri butuh tiga ronde.

BACA JUGA:  Inggris Tantang Spanyol di Final, Kalahkan Belanda 2-1

Siapakah yang akan menang? UFC 302 akan disiarkan secara langsung di Mola TV.

JADWAL UFC 302

Kartu Utama

Kelas ringan: Islam Makhachev vs Dustin Poirier (pertarungan gelar)

Kelas menengah: Sean Strickland vs Paulo Costa

Kelas menengah: Kevin Holland vs Michal Oleksiejczuk

Kelas welter: Niko Price vs Alex Morono

Kelas welter: Randy Brown vs Elizeu Zaleski dos Santos

Kartu Awal

Kelas menengah: Cesar Almeida vs Roman Kopylov

Kelas berat: Jailton Almeida vs Alexander Romanov

Kelas ringan: Grant Dawson vs Joe Solecki

Kelas welter: Philip Rowe vs Jake Matthews

Kelas welter: Mickey Gall vs Bassil Hafez

Kelas bantam wanita: Ailin Perez vs Joselyne Edwards

Kelas tangkapan (130 pon): Mitch Raposo vs Andre Lima

Iklan Amri Arsyid