banner 728x90
Sport  

Libas Kanada 2-0, Argentina ke Final

NusantaraInsight, New Jersey — Argentina yang bermain dengan pola 4-4-2, berhasil melaju ke final Piala Copa America, setelah melibas Kanada 2-0 di Stadion Meltive, East Rutherford, New Jersey, pukul 08.00 Wita Rabu (10/7/2024).

Kemenangan tersebut mengantar Argentina mengamankan tiket untuk melaju ke partai final Copa America 2024 menghadapi pemenang pertandingan antara Uruguay melawan Kolombia yang dimainkan pukul 08.00 Wita Kamis (11/7/2024).

Peluang Lionel Messi dkk mempertahankan gelar juara Copa America yang diraih kesembilan kalinya pun akan bertambah 16 kali jika mampu mengalahkan lawannya di final. Argentina pun menjadi tim dengan kesempatan menjadi Juara Pila Copa America terbanyak sejak tahun 1916 piala ini pertama diperebutkan. .

Kanada sempat memberi kejutan di awal laga. Namun, dua peluang lewat Jacob Shaffelburg pada menit ke-5 dan 7 gagal menemui sasaran. Argentina membalas lewat tembakan jarak jauh Lionel Messi pada menit ke-10. Namun, bola juga melenceng dari target.
Gol pertama Argentina tercipta pada menit ke-22. Julian Alvarez menerima umpan terobosan dari Rodrigo De Paul, melewati Moise Bombito, lalu melepaskan tembakan yang gagal dibendung kiper Kanada, Maxime Crepeau.

BACA JUGA:  Bayern Munchen vs Arsenal Skor 1-0

Unggul satu gol membuat para pemain Argentina semakin percaya diri. Pada menit ke-34, Angel Di Maria melepaskan tembakan jarak jauh. Sayang, bola melenceng dari sasaran. Begitu pula dengan sundulan Lisandro Martinez yang belum berbuah gol dua menit berselang.

Menjelang turun minum babak pertama, Kanada nyaris menyamakan skor lewat tembakan Jonathan David. Hanya saja, kiper Argentina Emi Martinez berhasil menggagalkan peluang tersebut. Skor 1-0 untuk Argentina bertahan hingga babak pertama berakhir.

Memasuki babak kedua, Argentina menggandakan keunggulan pada menit ke-51. Lionel Messi mencetak gol pertamanya di Copa America 2024. Ia meneruskan tembakan Enzo Fernandez yang memanfaatkan kemelut di kotak penalti Kanada.

Gol tersebut sempat dicek video assistant referee (VAR) lantaran Messi diduga ‘offside’. Namun, tayangan ulang membuktikan sebaliknya. Wasit Piere Maza asal Cile pun memutuskan gol tersebut tetap sah dan Argentina memimpin dengan skor 2-0.

Keunggulan ini semakin membuat tim asuhan Lionel Scaloni bersemangat hingga mengontrol pertandingan. Pada menit ke-61, Alvarez berupaya menambah gol. Hanya saja, tembakannya dimentahkan Crepeau.

BACA JUGA:  Persib Bandung vs Madura United di Final Championship Series

Pasukan Kanada berusaha meningkatkan intensitas di pengujung laga. Liam Millar melepaskan tembakan jarak jauh pada menit ke-87, namun bola melambung di atas gawang.

Iklan Amri Arsyid