banner 728x90
Sport  

Portugal Bungkam Turki 3-0

Pemain Portugal Bruno Fernandes mencetak gol
Pemain Portugal Bruno Fernandes mencetak gol

NusantaraInsight, Jerman Timnas Portugal sukses membungkam Timnas Turki, Selecao das Quinas menang dengan skor telak 3-0.

Timnas Portugal unggul di laga ini berkat gol Bernardo Silva dan gol bunuh diri Samet Akaydin di babak pertama. Sementara Bruno Fernandes mengunci kemenangan Portugal dengan golnya di babak kedua.

Berkat hasil ini, Timnas Portugal dipastikan lolos ke babak 16 besar Euro 2024. Sementara Turki harus puas tertahan di peringkat kedua dengan raihan tiga poin.

Babak Pertama

Pertandingan yang digelar di Signal Iduna Park ini dimulai dengan intensitas yang cukup tinggi. Karena kedua tim sama-sama tampil menyerang sejak awal laga.

Baru dua menit laga berjalan, Portugal sudah membuat peluang melalui tembakan jarak jauh Cristiano Ronaldo. Namun bola berhasil diamankan dengan mudah oleh Bayindir.

Empat menit berselang, giliran Turki yang membuat peluang emas. Zeki Celik membuat umpan silang yang apik, namun sayang Kerem Akturkoglu gagal menggapai bola tersebut.

Timnas Portugal akhirnya membuka keunggulan di menit ke-21. Berawal dari umpan tarik Rafael Leao dari sisi kiri yang salah diantisipasi bek Turki, bola mendarat dekat kaki Bernardo Silva dan tanpa kesulitan ia menceploskan bola ke gawang Turki. Portugal unggul 1-0 di laga ini.

BACA JUGA:  Karang Taruna Assamaturu Gelar Sepak Bola Mini

Tujuh menit berselang, gawang Portugal kembali bobol. Kali ini Samet Akaydin membuat kesalahan komunikasi saat membuat backpass ke Altay Bayindir, sehingga bola masuk ke gawang Turki. Portugal unggul 2-0 di laga ini.

Usai gol itu, Turki kembali tancap gas. Di menit ke-32, Kerem Akturkoglu membuat peluang apik dengan tembakannya sehingga Diogo Costa harus membuat penyelamatan apik untuk menghentikan peluang tersebut.

Intensitas pertandingan semakin memanas. Di 10 menit terakhir babak pertama, wasit harus mengeluarkan empat kartu kuning karena tensi pertandingan yang memanas. Skor 2-0 bertahan hingga turun minum.

Babak Kedua

Di jeda pertandingan, Portugal membuat dua pergantian pemain. Joao Palhinha dan Rafael Leao ditarik dan digantikan Ruben Neves dan Pedro Neto.

Intensitas pertandingan di babak kedua ini tidak menurun. Kedua tim saling melakukan jual beli serangan.

Tepat 10 menit setelah babak kedua dimulai, Portugal memperlebar kedudukan menjadi 3-0. Lolos dari jebakan offside, Cristiano Ronaldo yang berhadapan satu lawan satu melawan Bayindir lebih memilih memberikan umpan kepada Bruno Fernandes ketimbang mengeksekusi sendiri bola tersebut, dan Fernandes tanpa kesulitan menceploskan bola ke gawang Turki. Portugal unggul 3-0 di laga ini.

BACA JUGA:  Bawa 17 Medali ke Bantaeng, Tim Taekwondo Harapkan Perhatian Pemkab

Gol tersebut membuat Timnas Portugal semakin bersemangat menyerang. Namun Turki juga tidak mau menyerah begitu saja dan mereka mencoba memberikan perlawanan.

Salah satu upaya yang dilakukan Vincenzo Montella untuk mengejar ketertinggalan dari Real Madrid adalah memasukkan Arda Guler di menit ke-70.

Namun hingga babak kedua berakhir, skor 3-0 tetap bertahan untuk kemenangan Portugal. Tambahan tiga poin ini membuat Portugal dipastikan lolos ke fase gugur Euro 2024.

Susunan Pemain

Timnas Turki (4-2-3-1): Bayindir; Kadioglu, Bardakci, Akaydin, Celik; Ayhan, Calhanoglu; Akturkoglu, Kokcu, Akgun; Yilmaz

Pelatih: Vincenzo Montella

Timnas Portugal (4-2-3-1): Costa; Mendes, Pepe, Dias, Cancelo; Palhinha, Vitinha; Leao, Fernandes, Silva; Ronaldo

Iklan Amri Arsyid