banner 728x90

Unpacti Makassar Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis dan Penyuluhan Dagusibu di Bontonompo Gowa

  • Bagikan

NusantaraInsight, Makassar — Dosen-dosen Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Pancasakti (Unpacti) Makassar, Sulawesi Selatan, menggelar pemeriksaan kesehatan gratis, penyuluhan Dagusibu Obat, serta pelatihan pembuatan sabun cuci piring dan sabun laundry, di Dusun Passallangang, Desa Katangka, Kecamatan Bontonompo, Kabupaten Gowa, Sabtu, 04 November 2023.

Para dosen Unpacti didampingi Dekan FMIPA Drs Abdul Muzakkir Rewa MSi Apt, dan Ketua Program Studi Farmasi Suprapto Prayitno SSi MKes Apt, dan kegiatan tersebut dihadiri Kepala Desa Katangka, Nur Alam, ibu-ibu anggota PKK dan tokoh masyarakat setempat.
Penyuluhan Dagusibu dibawakan oleh Hesty Setiawaty SFarm MSi, sedangkan pelatihan pembuatan sabun cuci piring dan sabun laundry dibawakan oleh Drs Syarifuddin KA MSi.
Dagusibu merupakan singkatan dari Dapatkan, Gunakan, Simpan dan Buang yang ditujukan agar masyarakat paham mengenai obat. Tujuannya meningkatkan pengetahuan masyarakat dalam pengelolaan dan pengawasan penggunaan obat yang baik dan benar.
Ketua Panitia Sustrin Abasa SFarm MBiomed, menjelaskan, kegiatan pelatihan dan penyuluhan tersebut merupakan rangkaian dari kegiatan KKN Tematik Mahasiswa Unpacti Makassar yang berjumlah lima orang yaitu Haulia, Salmawati (mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia), Nur Fauzyah Arbi, Andi Nur Chalis M, dan Sri Rahmawati (mahasiswa Prodi Farmasi).
KKN Tematik di Desa Katangka, Kecamatan Bontonompo, Kabupaten Gowa, diprogramkan berjalan selama 4 bulan, mulai dari bulan September sampai dengan bulan Desember 2023.

BACA JUGA:  Kolaborasi Dosen Kesmas dan FEB UMPAR Dorong Edukasi Ekoenzim untuk Generasi Z Smart Iklim di SMK 3 Parepare

KKN Tematik di Jeneponto

Ketua Penjaminan Mutu Unpacti Makassar, Harniva, yang dihubungi terpisah mengatakan, selain di Desa Katangka, Kecamatan Bontonompo, Kabupaten Gowa, sejumlah mahasiswa Unpacti Makassar juga melaksanakan kegiatan KKN Tematik di di Desa Bululoe, Kecamaan Turatea, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan.
Mahasiswa KKN Tematik Unpacti Makassar di Desa Bululoe, juga mengadakan pelatihan membuat sabun laundry dan sabun cuci piring.
Praktek membuat sabun laundry dan sabun cuci piring dilangsungkan di Kantor Desa Bululoe, Sabtu, 21 Oktober 2023, yang disaksikan Kepala Desa Bululoe, H Mantariso SPd, Ketua Tim Penggerak PKK Desa Bululoe, Kepala BPD Desa Bululoe, kepala dusun, dan kader desa setempat.
Juga hadir Dosen Pembimbing Lapangan KKN Tematik Unpacti untuk Desa Bululoe, Drs Syarifuddin KA MSi. Pembuatan sabun laundy dan sabun cuci piring dipandu Yusriyani SSi MKes Apt (Dosen Akademi Farmasi Yamasi Makassar).

  • Bagikan