banner 728x90

Mahasiswa Komunikasi Unismuh Lolos PKM PM Kemendikbud Kegiatan Berdayakan Tunarungu Siswa SLB Negeri 1 Makassar

NusantaraInsight, Makassar — Kegiatan yang dilakukan selama pengabdian melatih mendesain dan menjahit pakaian guna memaksimalkan penguatan terhadap siswa Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) 1 Makassar dalam dunia designer.

Adapun tim PKM PM Unismuh Makassar ini dengan Ketua Tim, Lukman, mahasiswa Ilmu komunikasi, anggota Rezki Astuti (Ilmu Komunikasi), A. Asmiyra (Ilmu Komunikasi), Fatimah Milda Nurul Insan (Ilmu Komunikasi), dan Supirman (Akuntansi), dengan dosen pendamping Dr Muhammad Yahya, M.Si.

Ketua Tim PKM PM Tunarungu Berkarya, Lukman kepada media Kamis 20 Juni 2024 mengatakan, tim kerja yang solid ini memiliki harapan agar bisa memaksimalkan penguatan terhadap siswa SLBN 1 Makassar dalam dunia designer.

“Kami memerlukan support dari berbagai pihak, selain harapan mengenai pemaksimalan penguatan desainer terhadap siswa SLBN 1 Makassar kami juga berharap, feedback tentang bagaimana cara berkomunikasi nonverbal yang dipelajari oleh siswa Tunarungu,” ungkap Lukman.

Selama melakukan PKM PM di lokasi mulai April-Juli 2024, para anggota tim memberi dan membagi pengetahuan dalam mendesain pakaian kemudian menggunting dan menjahit hasil desain itu.

BACA JUGA:  LPPM Unhas Gelar Pengabdian di Majelis Taklim Gowa

Pendampingan yang dilakukan dengan penuh kesabaran dan telaten kemudian menghasilkan karya karya yang sangat luar biasa.

Para siswa yang tidak dapat berbicara ini mampu menghasilkan karya yang dapat bersaing dengan karya anak remaja lainnya yang normal pancainderanya.

Selama dalam pengabdian anggota tim harus beradaptasi dengan penggunaan bahasa isyarat serta bahasa tubuh agar pesan yang disampaikan dapat dipahami dan proses komunikasi dapat berjalan dengan baik.

Program kreatifitas Mahasiswa bidang pengabdian kepada masyarakat ini membuahkan hasil dengan melakukan pameran dan penjualan hasil karya berupa baju yang sudah dijahit dari siswa tunarungu ini.

Pameran ini akan dilaksanakan Jumat pagi 21 Juni 2024 di Aula SLB Negeri 1 Makassar.

Beberapa potong pakaian berupa baju yang dihasilkan para siswa tuna rungu ini akan dipamerkan dan dijual.

Lewat pengabdian ini Tim Pengabdian Tunarungu juga akan mendampingi dalam memperkenalkan produksi baju dapat dijual dan dipromosikan lewat online.***

Iklan Amri Arsyid