banner 728x90

Dies Natalis Unhas ke-67, Sejumlah Lomba dan Pengabdian Masyarakat Hadir

  • Bagikan

NusantaraInsight, Makassar — Universitas Hasanuddin (Unhas) akan melakukan Dies Natalis yang ke-67 puncaknya pada September mendatang.

Untuk itu, mengawali Dies Natalis ke-67 Unhas sejumlah kegiatan, baik itu olahraga maupun kegiatan pengabdian masyarakat akan hadir untuk mengisi rangkaian acara Dies Natalis tersebut.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Panitia Dies Natalis ke-67 Unhas Prof. Dr. Ariyanti Saleh, S.Kp., M.Si yang juga Dekan Fakultas Keperawatan Universitas Hasanuddin, pada acara Jumpa Pers di lantai 8 gedung Rektorat Unhas, Selasa (1/8/2023).

Menurut Prof Ariyanti, rangkaian Dies Natalis diawali dengan pertandingan olahraga persahabatan untuk cabang tenis lapangan antar civitas akademika.

“Kemudian ada pertandingan futsal putri, badminton putra putri, catur putra putri dan juga ada pertandingan menarik yaitu domino, dan ini akan berlangsung mulai tanggal 10 hingga 18 Agustus 2023,” ucapnya.

Dia kemudian memaparkan bahwa selain ada pertandingan untuk cabang olahraga, ada juga dilakukan pengabdian masyarakat yang rencana kegiatannya itu berlangsung di Kabupaten Pangkep.

Pada tanggal 9 hingga 23 Agustus 2023 pengabdian masyarakat di Pangkep diawali di Pulau Karanrang.

BACA JUGA:  Rektor Prof Ojat Darojat: UT Tempuh Kebijakan Beri Tugas Pengganti Bagi Mahasiswa Sudah Lama Belum Selesai Studi

“Mengapa dipilih di Pulau Karanrang, karena di pulau tersebut terjadi lompatan yang tinggi untuk kasus cacingan berdasarkan riset dari Parsaitologi Unhas. Dimana pada kegiatan nanti, akan dilakukan penyuluhan terkait penyebab cacingan, faktor lingkungan dan juga penyuluhan terkait vektor penyebarannya,” terangnya.

Prof Ariyanti juga menjelaskan pada kegiatan pengabdian masyarakat ada 32 tim yang akan bergerak dari berbagai fakultas dari 17 fakultas yang ada di Unhas. Pada pengabdian masyarakat kali ini, dipilih 32 tema dari 104 jenis tema pengabdian.

Dia juga menjelaskan bahwa pengabdian masyarakat dipilih di Pangkep juga berdasarkan screening dari 216 Mahasiswa KKN Profesi di Pangkep.

Kemudian pada tanggal 9 – 10 Agustus juga akan diadakan operasi bibir sumbing bekerja sama dengan Ikatan Dokter Indonesia dengan target 50 pasien. Adapun lokasi operasi bibir sumbing di RS. Batara Siang Pangkep.

“Dan acara puncak kegiatan pengabdian masyarakat itu, ada dua, yaitu pada tanggal 23 Agustus 2023, dimana yang pertama kunjungan ke pulau Sogi Pangkep dan Pameran produk UMKM di ruang pola kantor Bupati Pangkep,” jelasnya.

BACA JUGA:  LPM Penalaran UNM Kukuhkan Anggota Baru

Masih menjadi rangkaian Dies Natalis, lanjutnya, pada tanggal 26 Agustus 2023 diadakan Internasional Festival Student untuk para siswa yang menimba ilmu di Unhas yang kemudian dilanjutkan dengan Tabligh Akbar oleh Ustadz Nur Maulana.

  • Bagikan