banner 728x90

Dewan Pendidikan Makassar Rakor Komite Sekolah

  • Bagikan

NusantaraInsight, Makassar — Keberadaan Komite Sekolah itu penting bukan saja bagi sekolah tapi juga bagi kemajuan pendidikan. Bila Komite Sekolah mampu secara optimal menjalankan tugas dan fungsinya maka pendidikan berkualitas akan tercapai.

Itulah benang merah pemikiran yang mengemuka dalam Rapat Koordinasi (Rakor) antara Dewan Pendidikan Kota Makassar (DPKM) dengan Komite Sekolah SD dan SMP se-Kecamatan Tamalate, Selasa, 11 Juli 2023.

Rakor ini diadakan di SMP-SMA Swasta 99 Jalan Greder, Kompleks PU Malangkeri, Makassar. Kedua sekolah ini berada dalam naungan Yayasan Pendidikan Al-Fataah Makassar.

Ketua DPKM, Rudianto Lallo, mengatakan alasan memilih sekolah ini jadi lokasi kegiatan, biar Ketua DPKM dan Kadis Pendidikan Kota Makassar melihat sekolah ini, yang peduli dan memberikan akses bagi anak-anak kurang mampu, bahkan secara gratis.

Politisi Partai NasDem, yang juga merupakan Ketua DPRD Kota Makassar itu, meyampaikan bahwa posisi Komite Sekolah itu penting karena merupakan mitra kepala sekolah. Kuncinya adalah perlunya komukasi antara komite dan kepala sekolah untuk bersama-sama memajukan sekolah.

BACA JUGA:  Mahasiswa STIE AMKOP Makassar Ikut National University Debating Championship (NUDC) 2024

Kepala Dinas Pendidikan, H Muhyiddin, menegaskan posisi Komite Sekolah itu penting untuk mendorong masyarakat berpartisipasi. Semakin banyak orang dermawan yang mau membantu sekolah, itu akan sangat baik.

Yeni Rahman, anggota DPRD Kota Makassar, yang juga Wakil Ketua DPKM, menyatakan hal serupa. Bahwa Komite Sekolah itu seperti anggota dewan yang merupakan perwakilan orangtua siswa. Peran penyampai aspirasi dan mediasi bisa dilakukan oleh Komite Sekolah untuk menyelesaikan masalah yang ada di sekolah.

Dr Ariella Hana Sinjaya, kehadiran Komite Sekolah itu untuk membantu kepala sekolah dalam merancang program, terutama muatan lokal. Komite sebaiknya, kata pendiri Yayasan Anak Bangsa Berakhlak Mulia itu, punya rencana kerja yang terukur.

Sementara Rusdin Tompo, yang hadir sebagai narasumber, menyarankan agar Komite Sekolah ikut merancang program-program inovasi bagi sekolahnya. Pegiat Sekolah Ramah Anak itu merekomendasi beberapa poin yang bisa dilakukan. Antara lain, perlu agenda revitalisasi Komite Sekolah, ada struktur organisasi yang bisa menerjemahkan tugas dan fungsi Komite Sekolah, serta perlu ada cara-cara kreatif dalam melakukan penggalangan dana dan sumber daya.

BACA JUGA:  Kontingen Gowa Versus Pangkep di Final Sepak Takraw Porseni PGRI

Hadir dalam Rakor itu pengurus dan anggota DPKM. Mereka adalah Anggota: Prof Dr Basri Wello, Mahmud BM, Suarman, Zainuddin Djaka, Sulwan, Hana Sanjaya, Aminudin Taraweh, dan Fachruddin Palapa. Juga hadir Ketua Yayasan Pendidikan Al-Fataah Makassar, Drs Fatahuddin, M.Si. (*)

  • Bagikan