banner 728x90

Bunda Pustaka SDN Borong Gelar Lomba Mewarnai Tingkat SD

  • Bagikan

NusantaraInsight, Makassar — Upaya penguatan pendidikan karakter, terutama penanaman nilai-nilai kebangsaan atau nasionalisme, dapat dilakukan melalui kegiatan seni budaya dan literasi. Implementasi pendidikan karakter secara kreatif dan menyenangkan ini dapat dilihat saat Lomba Mewarnai yang digelar Bunda Pustaka SD Negeri Borong.

Lomba Mewarnai Tingkat SD se-Kota Makassar itu, diadakan sebagai wadah pengembangan bakat anak-anak di bidang seni lukis. Lomba ini sekaligus diadakan dalam rangka memperingati HUT Kota Makassar ke-416 (9 November) dan Hari Pahlawan (10 November).

Kali ini, Bunda Pustaka menyelenggarakan lomba di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Sulawesi Selatan, Jalan Sultan Alauddin, Makassar, Rabu, 15 November 2023. Kegiatan Bunda Pustaka ini didukung oleh Dinas Pendidikan Kota Makassar dan DPK Provinsi Sulawesi Selatan.

Kepala DPK Provinsi Sulawesi Selatan, dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Sub Koordinator Deposit, Syamsuddin, menyampaikan rasa bangga dan gembira melihat antusiasme anak-anak mengikuti lomba.

Kegiatan ini dinilai bukan hanya sebagai pengembangan keterampilan seni anak-anak. Namun juga untuk merangsang imajinasi, ekspresi dan kreativitas mereka. Melalui karya-karya indah anak-anak, dapat dilihat betapa beragamnya bakat dan kreativitas anak-anak Makassar.

BACA JUGA:  Dr Sarwinah: Sastra Anak Penting Dalam Kurikulum Merdeka

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Dalduk dan KB Provinsi Sulawesi Selatan, diwakili Fungsional Analisis Kebijakan, Uci Lestari, mengapresiasi kegiatan ibu-ibu, yang merupakan orangtua murid, yang tergabung dalam Bunda Pustaka. Kegiatan seperti ini, menurutnya, bisa jadi salah satu cara mengalihkan perhatian anak-anak pada penggunaan smartphone.

Dia mengaku salut karena ternyata sudah banyak kegiatan yang diadakan oleh Bunda Pustaka SD Negeri Borong. Kegiatan-kegiatan itu bisa dilihat pada pemberitaan lewat website sekolah, akun YouTube Bunda Pustaka, maupun publikasi di media sosial dan media massa.

Disampaikan, jika nanti ada kunjungan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, akan diajak ke SD Negeri Borong, yang berada di Kecamatan Manggala.

Kepala Perpustakaan Gerbang Ilmu SD Negeri Borong, Saparuddin Numa, S.I.P, menyambut baik rencana itu. Saparuddin menyampaikan bahwa SD Negeri Borong akan dengan senang hati menerima tamu yang datang berkunjung di sekolah yang terletak di Jalan Borong Raya No 8 Makassar.

Ketua Bunda Pustaka, Mulyati Husain mengucapkan terima kasih atas dukungan Kepala UPT SPF SD Negeri Borong, Dra Hj Hendriati Sabir, M.Pd pada kegiatan lomba ini. Ucapan terima kasih yang sama disampaikan Kepada Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar, H Muhyiddin, SE, MM atas bantuan dan arahannya, sehingga lomba ini berlangsung sukses.

  • Bagikan