banner 728x90
Sulsel  

Pemkab Bantaeng Gelar Uji Kompetensi Arsiparis, Hebat, Hadir Pula Teman Srikandi

Pemkab Bantaeng gelar uji kompetensi tenaga fungsional arsiparis
Pemkab Bantaeng gelar uji kompetensi tenaga fungsional arsiparis

NusantaraInsight, BANTAENG — Pemerintah Kabupaten Bantaeng menggandeng Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) menyelenggarakan Uji Kompetensi untuk Jabatan Fungsional Arsiparis bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) Lingkup Pemerintah Kabupaten Bantaeng 2024 di Hotel Seruni, Kecamatan Bantaeng, Rabu (5/6/2024).

Pj Bupati Bantaeng, Dr Andi Abubakar, M.Si dalam keterangannya menyampaikan beberapa hal sebagai laporan kepada ANRI yaitu, tahun lalu, Pemkab  sudah mulai mengadakan Bimtek Pengelolaan Arsip baik secara manual maupun sosialisasi dan implementasi Srikandi.

“Kemudian pada hari ini diadakan uji kompetensi bagi ASN Pemkab Bantaeng yang kemudian kita lanjutkan untuk pembangunan infrastruktur dengan melakukan peletakan batu pertama Pembangunan Depo Arsip Kabupaten Bantaeng,” ungkapnya

“Mengapa hal tersebut menjadi sangat penting karena Kabupaten Bantaeng merupakan Kabupaten tertua di Sulawesi Selatan, sehingga sangat perlu dilakukan penguatan pada aspek penyelenggaraan kearsipan dalam rangka mewujudkan memori kolektif daerah,” terang Andi Abubakar.

Andi Abubakar yang juga Direktur SDM Kearsipan dan Sertifikasi ini menekankan bahwa penekanan dari Aspek SDM Kearsipan juga sangat penting.

“Sehingga ASN terpilih ada 30 peserta yang akan melaksanakan uji kompetensi. Bukan itu saja, hari ini kita akan melakukan pencanangan Teman Srikandi, yang mana saat ini Teman Srikandi Kabupaten Bantaeng berada di peringkat tiga se-Sulawesi Selatan,” paparnya.

BACA JUGA:  Pj Bupati Bantaeng Hadiri Cooling System

Sementara itu, Kepala Arsip Nasional RI, Imam Gunarto menyampaikan bahwa fungsi dan peran arsip sangat penting untuk menjaga arah kita ke depan, seperti yang selalu disampaikan oleh Presiden RI, Joko Widodo tentang tiga poin penting yang menjadi mandat bagi arsiparis terkait memori kolektif bangsa, terkait Srikandi dan warisan budaya yang harus dijaga.

“Kearsipan itu fungsinya mendokumentasikan semua aktifitas kita baik aktifitas kedinasan maupun perseorangan,” ungkapnya.

Pada Uji Kompetensi Arsiparis ini, dihadiri oleh pula oleh Ketua Asosiasi Arsiparis Indonesia (AAI) Sulsel Dr H Basri, S.Pd., M.Pd, Kepala BPSDM Kabupaten Bantaeng, serta sejumlah asesor dari ANRI.

Acara tersebut dirangkaikan pula berupa pencanangan Inovasi Teman Srikandi yang ditandai dengan Penandatanganan Berita Acara oleh Pj Bupati Bantaeng dan komitmen bersama serta penyematan Pin yang disaksikan secara langsung oleh Kepala Arsip Nasional RI, Drs Imam Gunarto, M.Hum

Iklan Amri Arsyid