banner 728x90

Iran Ultimatum Israel Jika Terus Gempur Gaza

  • Bagikan

NusantaraInsight, Teheran — Republik Islam Iran memberikan ultimatum kepada Israel dan komunitas internasional jika negara Zionis itu terus menggempur Jalur Gaza.

Pesan ini disampaikan oleh perwakilan misi Iran di PBB, melalui cuitan di X, Minggu (15/10/2023). Dalam cuitan tersebut, pihak Iran memperingatkan PBB dan Dewan Keamanan untuk segera bertindak tegas.

“Jika kejahatan perang dan genosida dalam praktik Apartheid Israel tidak segera dihentikan, situasi ini bisa merembet di luar kendali dan berdampak kepada konsekuensi yang lebih luas,” tulis cuitan tersebut, seperti dilansir dari Al Jazeera.

“Tanggung jawab terkait hal ini ada di tangan PBB, Dewan Keamanan, dan negara-negara yang turut mengarahkan Dewan Keamanan menuju jalan buntu,” tegas Iran.

Dalam pernyataan terpisah, Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir-Abdollahian juga sempat menyatakan kepada pers di Lebanon agar Israel segera “berhenti sebelum terlambat”, seperti dilansir melalui Al Jazeera.

Pernyataan Amir Abdollahian ini menyikapi laporan Reuters, Minggu (15/10), bahwa Israel bersiap untuk meluncurkan serangan jalur darat terhadap Hamas di Jalur Gaza, usai mengultimatum warga Palestina setempat agar segera mengungsi ke wilayah selatan di dekat perbatasan Mesir.

BACA JUGA:  Hari Santri Nasional KPU Gowa Nobar Film "Kejarlah Janji" di Pesantren

Dalam pernyataan sebelumnya, Israel telah bersumpah untuk menghancurkan Hamas sebagai balasan atas serangan yang dilakukan oleh kelompok militan itu sejak Sabtu (7/10) lalu.

Pada saat itu, Hamas menyerbu wilayah Israel di Tepi Barat, hingga menewaskan lebih dari 1.300 orang dan menawan puluhan sandera.

Israel sendiri telah melancarkan serangan intens ke wilayah Gaza lewat serangan udara dan darat. Situasi ini pun membuat Gaza yang dihuni oleh sekitar 2,3 juta warga Palestina menjadi terkepung total.

Reuters mencatat, pihak otoritas Gaza melaporkan lebih dari 2.200 orang telah tewas sebagai korban peperangan tersebut.

Di satu sisi, pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei, menyatakan pandangannya di X pada Sabtu (14/10) bahwa seluruh masyarakat negara Muslim wajib mendukung rakyat Palestina.

Melalui cuitan selanjutnya, Khamenei juga meyakini bahwa situasi yang saat ini terjadi di Tepi Barat akan mendatangkan kemenangan bagi rakyat Palestina.

“Atas nama Tuhan, pergerakan yang telah terjadi di Palestina akan terus maju dan berakhir untuk kemenangan rakyat Palestina,” tulis Khamenei di X.

BACA JUGA:  Israel Sita Peralatan Liputan Milik Asosiasi Jurnalis di Yerusalem

“Semua orang yang tinggal di dunia masyarakat muslim wajib untuk mendukung rakyat Palestina,” ujar Khamenei melalui cuitan berikutnya.

Meski begitu, Khamenei pada Selasa (10/10) sempat membantah bahwa Iran terlibat dalam serangan yang diluncurkan milisi Hamas ke Israel.

  • Bagikan