banner 728x90

Politik Baliho: Ilham Arief Sirajuddin GubernurKu Sulawesi Selatan 2024

Laporan: Fitria Dwinov Anggraeni (Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fisip Unismuh Makassar)

NusantaraInsight, Makassar — Aco, panggilan akrab Ilham Arief Sirajuddin. Nama ini sudah tidak asing lagi bagi warga Kota Metropolitan Makassar, karena Aco pernah memimpin Kota Makassar selaku walikota selama sepuluh tahun atau dua periode 2004-2009 dan 2009-2014.

Popularitasnya selaku Walikota Makassar kala itu sehingga Aco juga dikenal secara meluas pada masyarakat yang ada di wilayah Sulsel secara keseluruhan.

Aco kemudian bertarung pada Pilkada Gubernur Sulsel 2013 berpasangan dengan Abd Aziz Kahar Muzakkar melawan Syahrul Yasin Limpo. Pada pertarungan menuju kosong satu Sulsel ini, Aco dikalahkan oleh Syahrul Yasin Limpo.

Modal sosial yang sejak lama sudah ditanam di masyarakat Sulsel sehingga dalam Pilkada Gubernur Sulsel periode 2024-2029, Ilham kembali akan bertarung.

Keseriusan Aco, maju jadi calon gubernur Sulsel terlihat dari begitu banyak baliho politik dan spanduk yang disebar di wilayah Sulsel.

Pada baliho yang banyak bertebaran dipajang di sudut strategis kota dan kabupaten di Sulsel terbaca narasi, Aco Semangat Baru 2024, pada latar warna kuning terbaca Ilham Arief Sirajuddin dan pada bagian bawah foto Aco tertulis, GubernurKu Sulawesi Selatan 2024.

BACA JUGA:  Ketua DPK KNPI Kecamatan Bulukumpa Apresiasi Kinerja Kepolisian

Aco pada foto itu pakai kopiah hitam dengan jaket kulit warna hitam dengan senyum khas Aco ramah dan dekat pada semua lapisan dan kalangan di masyarakat.

Ilham sampai saat ini belum ada kepastian partai apa yang akan jadi pintu politik dan kendaraan politik bakal antar jadi calon gubernur mendaftar ke KPU Sulsel jadi calon gubernur Sulsel.

Wacana politik berkembang internal Partai Golkar Sulsel ada lima kader yang kini disurvei internal untuk menentukan siapa yang akan dicalonkan Partai Golkar maju jadi calon gubernur. Kelima tokoh itu, Nurdin Halid, Ilham Arief Sirajuddin, Taufan Pawe, Adnan Purichta dan Indah Putri Indriani.

Kekuatan partai politik Sulsel terakumulasi pada 85 kursi DPRD Provinsi dan dibagi pada 10 partai politik yang meraih kursi itu.

Partai politik terbanyak kursi adalah Partai NasDem sebanyak 17 kursi, Golkar 14 kursi, Gerindra 13 kursi, PPP dan PKB masing-masing 8 kursi. PKS dan Demokrat masing-masing meraih 7 kursi, PDIP 6 kursi, dan PAN 4 kursi dan Hanura1 kursi.

BACA JUGA:  Mahasiswa KKN UINAM Gandeng LHI Gelar Sosialisasi Hukum

Pada Pilkada Gubernur Sulsel 2024, Partai Nasdem paling siap karena secara mandiri tanpa melakukan koalisi untuk mengajukan calon gubernur dengan peroleh kursi 17, persis batas minimal mengajukan calon gubernur.

Partai politik lain harus membangun koalisi agar mencapai angka minimal 17 untuk mengusung calon gubernurnya.

Iklan Amri Arsyid