banner 728x90

Pelantikan dan Pengukuhan Pengurus IHO Sulsel, Periode 2023-2028

  • Bagikan

NusantaraInsight, Makassar — Ketua Observasi Kesehatan Indonesia (Obkesindo) / Indonesian Helath Observer (IHO) Pusat. Dr. dr. Abidinsyah Siregar mengukuhkan dan melantik pengurus IHO Sulawesi Selatan periode 2023-2028, bertempat di Baruga Angin Mamiri Rumah Jabatan Walikota Makassar, Selasa, (28-11-2023), setelah pengukuhan dan pelantikan dilanjutkan dengan arahan oleh Ketua IHO pusat dr. Abidinsyah beliau mengatakan bahwa, 78 tahun Indonesia merdeka indikator kesehatan bukan tambah membaik tapi malah semakin menurun, hal ini disebabkan karena adanya tekanan Triple Burden Diseases, Double Burden Nutrition, Ketimpangan kualitas dan kuantitas pelayanan kesehatan antar Wilayah, pada hal satu regulasi satu kriteria, akibatnya keluarga terancam, bonus Demografi belum diperhatikan, kini datang penyalahgunaan Narkoba dan semakin tinggix Prepalensi HIV/Aids, Stunting datang mengancam usia dini, sementara kita memasuki era Aging Populatian, kaum lanjut usia belum jg dipersiapkan. yang menarik kata Abidinsyah, di Sulawesi Selatan angka penyakit kusta menjadi tinggi karena Rumah Sakit Kusta dulu sudah berubah menjadi Rumah Sakit Umum sehingga penderita kusta tidak punya tempat lagi untuk berobat akibat terjadi penularan dilingkungan keluarga, hal ini perlu menjadi perhatian kita bersama. Kedepan akan muncul berbagai tantangan seperti epidemi, bencana alam dan kerusakan lingkungan dan berbagai faktor yg dapat menurunkan kualitas hidup.

BACA JUGA:  Ternyata Puasa Dapat Mencegah Penuaan Dini

Oleh karena itu lanjut Abidinsyah dengan kehadiran IHO diharapkan dapat mendorong percepatan ketersediaan pelayanan kesehatan yang terpadu, menyeluruh dan berkesinambungan dengan dukungan tenaga kesehatan , fasilitas kesehatan yang adil dan merata. dengan adax IHO pemerintah mendapat mitra strategis dan pendapat kedua (second openion) atas semua kebijakan, regulasi dan sasaran kinerja ungkapx.
Adapun pengurus IHO Sulsel yang dilantik adalah dr Mappiasse, SH, SpKK, Ph.D. sebagai ketua, Dr.dr. Bahtiar Baso, S.Ked, M.Kes, sebagai Wakil ketua, dr. Tedy Amiruddin, M.Kes, MMR sebagai Sekretaris, Nasrun Hamzah, SH, MM, Wakil Sekretaris, Yaya Rosdaya, SH, SE, M.Kn, sebagai bendahara, Fieter Gozal, MBA Wakil bendahara dan Hj. Ainun Jariah, S.Farm, M Si. sebagai Wakil bendahara, IHO Sulsel dilengkapi dengan biro- biro seperti Biro Kebijakan Pelayanan Kesehatan, Biro Pendidikan dan Penyuluhan, Biro Pelayanan dan Pengaduan, Biro Pengamanan Bencana, Biro Informasi Pelayanan Publik, Biro Pangan dan Gizi, dan Biro Kesehatan Masyarakat. Keanggotaan IHO disamping diisi para dokter dan apoteker juga diisi dari kalangan birokrasi dan mantan Birokrasi spt Dr.dr. Rachmat Latief Mantan Kadis Kesehatan Sulsel sebagai Badan Pengawas, Kahar Azis, SE. M.Si. yang menempati posisi Biro Pengamanan bencana dan Drs. Lukmanuddin, MM, pada Biro Informasi dan pelayanan Publik. Dalam pelatikan dan Pengukuhan IHO Sulsel turut disaksikan Drs. Andi Irwan Bangsawan, M.Si. Staf Ahli bidang Pemerintahan Hukum dan Politik mewakili Walikota Makassar.

  • Bagikan