banner 728x90

Perang Melebar, Setelah Israel Bom Suriah, AS Ancam Iran, Kini Kapal Perang Inggris Merapat

  • Bagikan

NusantaraInsight, Suriah — Perang antara Hamas dan Israel terancam melebar. Dilaporkan bahwa Israel menyerang bandara di Kota Damaskus dan Kota Aleppo, Suriah, Kamis (12/10/2023). Serangan tersebut merusak landasan pendaratan di kedua bandara tersebut.

“Tidak dapat digunakan lagi”, tulis media pemerintah mengutip sumber militer yang tidak disebutkan namanya, dikutip AFP, Jumat (13/10/2023).

Sumber militer Suriah juga mengatakan serangan tersebut merupakan bentuk putus asa Israel. Ini juga dilakukan guna “mengalihkan perhatian” dari konflik dengan Hamas di Gaza.

Sementara itu, serangan juga menyeret Iran. Angkatan Udara Israel menyerang bandara Damaskus hanya beberapa menit sebelum pesawat yang membawa Menteri Luar Negeri (Menlu) Iran Hossein Amir-Abdollahian hendak mendarat.

“Alih-alih mendarat, pesawat tersebut kini menuju pulang ke Teheran,” tulis media Visegard.

Kekhawatiran akan menyebarnya perang sebenarnya sudah dikatakan sejumlah negara termasuk Arab Saudi. Mengutip Aawsat, negara Raja Salman bin Abdulaziz itu menegaskan bahwa kerajaan akan mengerahkan upaya yang lebih besar dengan kekuatan regional dan internasional untuk mengakhiri eskalasi di Gaza dan sekitarnya, termasuk mencegah penyebaran konflik ke wilayah tersebut.

BACA JUGA:  Warga Israel Blokir Bantuan ke Gaza, Terekam Kamera Ada Indomie yang Terhambur

“Pemerintah menekankan bahwa Arab Saudi akan terus mendukung rakyat Palestina dalam upaya mereka mendapatkan hak sah mereka, mencapai harapan dan aspirasi mereka, serta membangun perdamaian yang adil dan abadi,” tulis media tersebut mengutip sang Raja, Rabu lalu.

Perlu diketahui, Israel menganggap Suriah dan Iran sebagai pendukung Hamas. Pemerintah PM Benjamin Netanyahu sendiri belum berkomentar lebih jauh soal serangan ini.

Selasa, Israel sempat mengatakan pihaknya menembakkan artileri dan mortir ke arah Suriah. Ini sebagai tanggapan atas beberapa peluru yang diluncurkan oleh tetangganya ke wilayah Israel, lapor Reuters.

Ketegangan meningkat antara Israel dan negara-negara yang berbatasan dengannya sejak serangan Hamas Sabtu. Israel sejak itu juga saling baku tembak dengan kelompok militan Lebanon, Hizbullah, yang meningkatkan kekhawatiran atas stabilitas politik di Timur Tengah.

AS ancam Iran…..

  • Bagikan