banner 728x90

Kirab Budaya Warnai Pengembalian Duplikat Bendera Merah Putih dan Teks Asli Proklamasi ke Monas 

  • Bagikan

NusantaraInsight, Jakarta — Duplikat bendera Merah Putih dan naskah asli teks proklamasi dikembalikan ke Monumen Nasional (Monas) usai Upacara Penurunan Bendera Merah Putih pada Kamis, 17 Agustus 2023, di Istana Merdeka Jakarta, selesai dilaksanakan dengan lancar dan penuh khidmat. Pengembalian duplikat bendera Merah Putih dan naskah asli teks proklamasi tersebut diiringi prosesi kirab budaya.

Duplikat bendera Merah Putih dibawa oleh Faradita Dwi Safitri yang merupakan Purna Paskibraka Tahun 2022 yang mewakili Provinsi Kepulauan Riau. Sedangkan naskah asli teks proklamasi dibawa oleh I Dewa Ayu Firsty Meita Dewanggi, yang merupakan Purna Paskibraka Tahun 2022 yang mewakili Provinsi Jawa Tengah.

Keduanya menuju Monas dengan menggunakan Kereta Kencana Ki Jaga Rasa, diiringi oleh pasukan marching band TNI-Polri, Pasukan Satria Nusantara dari Paspampres, Pasukan Berkebaya Pertiwi Indonesia, perwakilan Raja-Raja Nusantara dari 38 Provinsi di seluruh Indonesia, serta perwakilan pelajar SMP dan SMA yang juga berpakaian adat Nusantara.

Setibanya di Monas, duplikat bendera Merah Putih dan naskah asli teks proklamasi diserahkan oleh Tim Purna Paskibraka Duta Pancasila kepada Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono untuk disimpan kembali di Ruang Kemerdekaan Monas.

BACA JUGA:  Netanyahu Siapkan Daftar Target 'Balas Dendam' ke Iran

(BPMI Setpres)

 

  • Bagikan