banner 728x90

Jelang Pilkades Serentak, Ketua JOIN Bantaeng Himbau Cakades Pakai Cara-cara Terhormat

  • Bagikan

NusantaraInsight, Bantaeng — Jelang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Bantaeng pada 30 Oktober 2023 mendatang, Ketua Jurnalis Online Indonesia (JOIN) Kabupaten Bantaeng Alimin DS menghimbau agar setiap calon kepala desa memakai cara-cara terhormat sebagai warga Butta Toa.

Menurutnya, sebanyak 25 desa dari berbagai kecamatan di Bantaeng yang akan menggelar Pemilihan kepala desa (Pilkades) nantinya tentu dapat memicu konsiliasi politik di desa yang dapat membuat masyarakat terpecah.

Untuk itu, para kandidat kepala desa yang telah meneken pakta integritas di Balai Kartini, Jumat (27/10/2023) untuk menjaga kedamaian di Bantaeng, harus betul-betul diterapkan.

“Jangan sampai penandatanganan pakta integritas bukan hanya simbol semata. Karena kedamaian dan ketenteraman masyarakat jauh lebih penting dari semuanya,” tegasnya.

“Jangan sampai akibat Pilkades, masyarakat Bantaeng menjadi terbelah,” imbuhnya.

“Kita sebagai masyarakat Bantaeng sangat terkenal dengan falsafah hidup A’bulo Sibatang Accera Sitongka-tongka yang bermakna satu rasa, satu darah untuk bekerja sama yang intinya adalah persatuan dan gotong royong yang merupakan akar budaya kita. Jangan sampai falsafah hidup nenek moyang kita runtuh hanya karena syahwat kekuasaan sesaat,” ulas wartawan yang juga tokoh Eremerasa ini.

BACA JUGA:  Waspada Penipuan, Beredar Akun WhatsApp Atas Nama Pj Wali Kota Palopo

Ia juga menghimbau kepada seluruh anggota JOIN di Kabupaten Bantaeng untuk mengawal pelaksanaan Pilkades serentak di Kabupaten Bantaeng.

Apalagi Penjabat Bupati Bantaeng, DR Andi Abubakar telah mengawal proses Pilkades di Bantaeng agar dapat berjalan tertib dan aman agar mewujudkan proses demokrasi di desa yang jurdil dan dapat menghasilkan pemimpin yang dapat membangun desa demi kemajuan kabupaten Bantaeng.

“Oleh karena itu, saya selaku warga Bantaeng berharap kepada semua calon kepala desa untuk senantiasa menjaga harmonisasi antara kandidat lainnya. Mari para saribattangku (saudaraku) para calon kepala desa agar bersaing secara sehat dan menganggap kandidat lainnya sebagai saudara,” tambahnya.

“Terakhir saya himbau agar marilah kita bersaing dengan menggunakan cara-cara terhormat sebagai seorang warga Bantaeng yang terkenal dengan sikap kesatrianya,” pungkasnya.

  • Bagikan