banner 728x90

Israel Tangkap Direktur Rumah Sakit Kamal Adwan Gaza

  • Bagikan

NusantaraInsight, Gaza — Pasukan israel telah menangkap Ahmed al-Kahlout, direktur Rumah Sakit Kamal Adwan, di Jalur Gaza utara, bersama dengan puluhan personel medis.

Kementerian Kesehatan yang berbasis di Gaza mengatakan militer menyerbu rumah sakit tersebut pada hari Selasa setelah mengepungnya selama beberapa hari.

Mereka menangkap semua pria Palestina, termasuk staf kesehatan sebelum melakukan interogasi, menurut Ashraf al-Qudra, juru bicara kementerian, sebelum membawa mereka ke lokasi yang tidak diketahui.

“Kami mendesak PBB, Organisasi Kesehatan Dunia dan Palang Merah untuk segera bertindak,” kata al-Qudra.

Laporan lain mengutip Dr Hossam Abu-Safia, kepala bagian pediatrik di rumah sakit tersebut yang mengatakan bahwa lebih dari 70 staf medis ditangkap.

Ribuan pengungsi Palestina berlindung di rumah sakit setelah terpaksa meninggalkan rumah mereka.

Sebelum penculikannya, al-Kahlout dilaporkan mengkritik keras pengepungan rumah sakit tersebut.

“Tidak adanya listrik, air, atau makanan di rumah sakit,” katanya, membuat situasi di fasilitas medis sangat sulit. Dia menambahkan, “Tiga anak di rumah sakit kehilangan nyawa mereka dalam tiga hari terakhir karena kekurangan oksigen.”

BACA JUGA:  Gelar Donor Darah Hari Bhayangkara Ke 77, Polda Sulsel Kumpulkan 422 Kantong Darah

Al-Kahlout juga dilaporkan berbicara kepada CNN kurang dari 24 jam sebelumnya dan mengatakan bahwa peluru tank israel telah menghantam bangsal bersalin rumah sakit tersebut pada hari Senin. Serangan itu menewaskan dua wanita dan menyebabkan dua lainnya terluka parah, sehingga harus diamputasi, tambahnya. (is/knrp)

  • Bagikan