banner 728x90

Pelaksanaan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Cabor Pencak Silat Tingkat Kota Makassar Resmi Digelar

  • Bagikan

 

NusantaraInsight, Makassar — Dinas Pendidikan Kota Makassar gelar Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Tingkat Kota Makassar jenjang Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Cabang Olahraga Pencak Silat tahun 2023, Kamis (6/7/2023).
Pembukaan dan Pelaksanaan (O2SN) cabor Pencak Silat dilaksanakan di aula Kantor Dinas Pendidikan Kota Makassar di buka secara resmi oleh Kabid Pendidikan Dasar Kota Makassar

Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar yang diwakili oleh Kepala Bidang Pendidikan Dasar Muhammad Guntur, S.Pd.,M.Pd. menuturkan bahwa O2SN merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun dan telah terprogram.

Dikatakan dengan adanya olimpiade olahraga tersebut merupakan ajang silaturahmi sesama atlit dalam menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas dan menjadi wadah penyaluran bakat anak-anak, termasuk untuk memunculkan bakat-bakat atlet sejak dini yang berpotensi dan akan di pertandingkan ke jenjang berikutnya.

“Saya berharap bibit-bibit atlet di kota Makassar akan terlihat dan menjadi juara ke tingkat propinsi dan ke tingkat nasional,” ucapnya.

Sementara itu Penanggung jawab Cabang Olahraga Pencak Silat ST. Zahra Hidayat, S.Pd, M.Pd,. mengatakan jika pelaksanaan O2SN telah dipersiapkan beberapa bulan lalu dengan seleksi di tingkat kecamatan dimana peserta yang berpartisipasi seluruh SD, SMP Negeri dan Swasta di Kota Makassar
Alhamdulillah, pelaksanaan O2SN SD-SMP Tingkat Kota Makassar tahun ini berjalan dengan lancar. Walaupun untuk pertama kali diterapkan aturan pertandingan 2022 yang baru ke atlet, dan baru disosialisasikan untuk tingkat pelajar di Kota Makassar.
Lanjut Zahrah guru yang juga mengajar di UPT SPF SD Inpres Nipa-Nipa ini menjelaskan aturan pertandingan 2012 berbeda jauh dengan aturan 2022 yang membuat atlet sedikit kesulitan. Tahun ini tidak ada kategori Tunggal yang dulu setiap tahunnya dipertandingkan, dan rata-rata siswa telah mempersiapkan kategori jurus tunggal. Sekarang atlet yang mewakili ke jenjang berikutnya ialah yang juara kategori Fighter dengan berat badan untuk SD 30-32 kg dan SMP 39-42 kg.

BACA JUGA:  PSM Jamu Dewa United, ini Prediksinya

Satu hal yang disayangkan ada beberapa atlet yang didiskualifikasi timbangan, karena tidak memenuhi berat badan yang sudah menjadi persyaratan dan juknis O2SN tahun 2023. Ada yang berat badannya kurang dan ada pula yang lebih.
Namun pada technical meeting disepakati bersama bahwa atlet yang diskualifikasi karena berat badan tetap dilaksanakan eksebisi agar atlet memiliki pengalaman bertanding dengan menggunakan aturan pertandingan yang baru.
Kemudian ada juga kategori Solo Kreatif yang menampilkan jurus-jurus perguruan silat sehingga para atlet yang didiskualifikasi timbangan tetap diberi kesempatan untuk menampilkan jurus perguruannya masing-masing, walaupun tidak dihitung untuk poin kemenangan ke jenjang berikutnya, tetapi tetap diberikan sertifikat untuk mengapresiasi penampilan mereka di ajang O2SN tahun ini. Ungkap Zahra yang juga merupakan salah satu dewan wasit juri IPSI Kota Makassar ini.

  • Bagikan