banner 728x90
Sport  

Kalahkan Italia, Spanyol ke Babak 16 Besar

Para pemain Italia tampak kecewa setelah gol bunuh diri R.Calafiori pada menit ke-55 yang mengunggulkan Spanytol 0-1. (Foto:Reuters).,
Para pemain Italia tampak kecewa setelah gol bunuh diri R.Calafiori pada menit ke-55 yang mengunggulkan Spanytol 0-1. (Foto:Reuters).,

NusantaraInsight, Jerman — Unggul 1-0 atas Italia, Spanyol memastikan diri sebagai tim pertama Grup B yang lolos ke babak berikutnya. Bermain di Stadion AufSchalke, Spanyol tampil dominan, Jumat (21/5/2024) dinihari Wita.

Spanyol bermain lebih agresif dan memaksa kiper Italia jatuh bangun di sepanjang laga. Donnarumma langsung mendapat ujian berat saat laga seumur jagung. Beruntung sundulan jarak dekat Pedro di menit ketiga masih bisa ditepis Donnarumma.

Pada menit ke-11 giliran Nico Williams yang tebar ancaman. Sayang sundulan Williams di depan gawang masih melenceng dari sasaran. Dua menit berselang, Italia merespons melalui Gianluca Scamacca. Ia berhasil meraih umpan jauh Jorginho hingga kotak penalti, sayang wasit menanggap Scamacca offside.

Spanyol kembali mendapat peluang berbahaya di menit ke-25. Kali ini melalui tembakan keras dari luar kotak penalti yang dilepaskan Fabian Ruiz. Namun, bola lagi-lagi masih bisa diselamatkan Donnarumma yang tampil cemerlang.

Beberapa saat sebelumnya Donnarumma juga sukses menggagalkan tembakan jarak dekat Alvaro Morata yang menembus kotak penalti. Italia sebenarnya mampu memberikan perlawanan. Namun, sejumlah serangan yang dibangun kerap kandas sebelum masuk ke kotak penalti. Skor imbang 0-0 bertahan hingga jeda.

BACA JUGA:  Nyali STY Tak Ciut Lawan Uzbekistan di Semifinal

Spanyol tetap konsisten memeragakan permainan menyerang. Perjuangan La Furia Roja akhirnya berbuah manis pada menit ke-55 berkat gol bunuh diri pemain Italia, Riccardo Calafiori.

Dalam pertandingan ini, wasit mengeluarkan kartu kuning untuk D.Carvajal, R.Le Normand, Rodri (Spanyol) dan B.Cristante dan penjaga gawang G.Donnarumma (Italia).
Aktor yang membuat Spanyol unggul adalah Nico Williams lewat pergerakan sisi kiri. Umpannya kemudian disundul Alvaro Morata. Donarumma menepis bola sebelum jatuh ke kaki Calafiori dan masuk ke gawang.

Williams nyaris menggandakan keunggulan Spanyol pada menit ke-71. Sayang beribu sayang, tembakan melengkung pemain Athletic Bilbao itu masih membentur mistar gawang.

Italia berbalik menekan di 15 menit akhir laga untuk mengejar ketinggalan. Namun tak ada gol yang mampu diciptakan hingga laga tuntas.
Raihan enam poin memastikan Spanyol lolos ke babak 16 besar Euro 2024 mengikuti jejak Jerman. Sementara Italia harus puas menempati posisi kedua dengan tiga angka.

Susunan Pemain Spanyol vs Italia

Spanyol XI (4-3-3): Unai Simon; Marc Cucurella, Aymeric Laporte, Robin Le Normand, Dani Carvajal; Fabian Ruiz, Rodri, Pedri; Nico Williams, Alvaro Morata, Lamine Yamal.

BACA JUGA:  Aina Fadhillah Ramadhan, Siswi SD Negeri Balang Baru 1 Raih Medali Emas di Kejuaraan Tapak Suci Kapoposang Cup

Italia XI (4-3-3): Gianluigi Donnarumma; Federico Dimarco, Riccardo Calafiori, Alessandro Bastoni, Giovanni Di Lorenzo; Nicolo Barella, Jorginho, Davide Frattesi; Lorenzo Pellegrini, Gianluca Scamacca, Federico Chiesa

Iklan Amri Arsyid