banner 728x90
Sport  

Euro 2024: La Furia Roja Tekuk Kroasia 3-0

La Furia Roja
Alvaro Morata merayakan golnya ke gawang Kroasia

NusantaraInsight, Jerman — La Furia Roja sebutan Timnas Spanyol mengawali kiprahnya di Euro 2024 dengan gemilang setelah menekuk Timnas Kroasia dengan skor telak 3-0.

Bertanding di Olympiastadion Berlin, Sabtu (15/6/2024) malam WITA, Spanyol mencetak seluruh golnya di babak pertama lewat Alvaro Morata, Fabian Ruiz, dan Dani Carvajal.

Spanyol untuk sementara memuncaki Grup B dengan tiga poin, sementara Kroasia di posisi terbawah.

Jalannya laga Spanyol Vs Kroasia

Spanyol mendominasi sedari menit awal. Mereka menekan habis Kroasia di 10 menit pertama.

Tapi setelah itu, Kroasia bisa lepas dari tekanan dan mulai menekan Spanyol. Mereka merepotkan Spanyol lewat serangan dari sisi sayap. Beberapa kali Dani Carvajal dan Marc Cucurella kecolongan.

Spanyol lantas memecah kebuntuan pada menit ke-29 lewat Alvaro Morata. Fabian Ruiz mengirimkan umpan terobosan yang diterima Morata dan begitu memasuki kotak penalti, dia melesakkan bola ke pojok dengan kaki kiri.

Dua menit kemudian Kroasia nyaris menyamakan skor saat Mateo Kovacic dibiarkan melakukan tusukan hingga depan kotak penalti. Dia kemudian menembak tapi bola bisa diamankan Unai Simon.

BACA JUGA:  Dustin Poirier Pensiun usai Lawan Islam Makhachev.

Spanyol menambah keunggulan pada menit ke-32 lewat Fabian Ruiz. Lamal dan Pedri membangun serangan di sisi kanan, sebelum diakhiri umpan pendek ke Ruiz di kotak penalti.

Ruiz menghindari tekel pemain Kroasia sebelum merobek jala Dominik Livakovic.

Semenit setelahnya Kroasia lagi-lagi mengancam setelah Simon harus susah payah menepis sepakan Marcelo Brozovic dari luar kotak penalti. Lovo Majer menyambar rebound tapi masih menyamping.

Kroasia hampir mendapat gol pada menit ke-41 saat Josko Gvardiol berada di sisi kiri menggapai umpan silang dan melepaskan sepakan firs time. Bola melebar di sisi kanan.

Spanyol menutup babak pertama dengan keunggulan 3-0 lewat gol Carvajal di masa injury time. Yamal dengan kaki kirinya mengirimkan bola ke tiang dekat dan Carvajal mudah saja menyonteknya.

Masuk di babak kedua, Spanyol masih mendominasi dan coba menambah gol. Pada menit ke-53, Pedri memberikan umpan kepada Lamal yang bebas di sisi kanan dan langsung menembak ke tiang jauh, tapi Livakovic bisa menepisnya.

BACA JUGA:  Belanda vs Turki Bentrok di Perempat Final

Dua menit kemudian Kroasia juga mengancam. Kemelut terjadi di depan gawang Spanyol dan Josip Stanisic menyepak bola ke gawang tapi Cucurella bisa membendungnya. Bola liar yang hendak disambar Budimir dengan cepat dihalau Unai Simon.

Kroasia mendapat penalti pada menit ke-78 setelah Rodri menjatuhkan Bruno Petkovic di kotak terlarang, menyusul blunder Unai Simon. Petkovic mengambil penalti itu tapi Simon berhasil menepis bola.

Rebound diambil Perisic dan dioper ke Petkovic lagi yang sukses mengonversi jadi gol. Tapi, VAR menganulirnya karena Perisic sudah lebih dulu masuk ke kotak penalti sebelum tendangan dilakukan.

Tak ada gol tercipta lagi dan Spanyol tetap menang dengan skor 3-0

Susunan Pemain

Timnas Spanyol (4-3-3): Simon; Cucurella, Le Normand, Nacho, Carvajal; Ruiz, Rodri, Pedri; Williams, Morata, Yamal

Pelatih: Luis De La Fuente

Kroasia (4-3-3): Livakovic; Gvardiol, Pongracic, Sutalo, Stanisic; Kovacic, Brozovic, Modric; Kramaric, Budimir, Majer

Pelatih: Zlatko Dalic

Iklan Amri Arsyid