banner 728x90

El Matador Spanyol ke Final, Kalahkan Prancis 2-1

Pemain El Matador Lamine Yamal merayakan gol
Pemain El Matador Lamine Yamal merayakan gol

NusantaraInsight, Jerman — El Matador Spanyol membidik juara Piala Eropa keempat kalinya, setelah dalam pertandingan semifinal pertama di Stadion Allianz Arena, pukul 03.00 Wita Rabu (10/7/2024) mengalahkan Prancis 2-1. Di partai final, Spanyol menunggu pemenang pertandingan Belanda melawan Inggris yang dimainkan pukul 03.00 Kamis (11/7/2024).

Prancis unggul lebih dulu 1-0 pada menit ke-9, melalui Kolo Muani yang berhasil menanduk bola ke jala Spanyol yang dikawal Unai Simon. Kolo meneruskan umpan matang Kylan Mbappe yang menusuk di sebelah kanan gawang Unai Simon dan menyambutnya dengan satu lompatan tinggi berhasil merebut bola dengan kepala lalu menaklukkan kiper Spanyol.

Namun pada menit ke-21, keunggulan Prancis tersebut berhasil dibatalkan Lampe Yamal dengan gol Spanyol, 1-1. Tendangan Yamal dari luar kotak penalti, melesat melengkung mengenai tiang gawang dan memantul masuk tanpa terjangkau kiper Prancis M.Maignan.

Spanyol kemudian memastikan melaju ke final pada menit ke-25 melalu D.Olmo yang melepaskan tembakan menyusur tanah dari sebelah kiri gawang Maignan yang gagal dibelokkan salah seorang pemain belakang Prancis.

BACA JUGA:  Patut Diapresiasi, Muh. Sulthan Shalahuddin Al-Ayyubi Dinobatkan Sebagai Pesilat Terbaik

Pada babak kedua, Prancis berusaha meningkatkan serangan, namun permainan Spanyol yang cepat dengan umpan-umpan pendek yang akurat menggagalkan serangan Prancis. Prancis berusaha melakukan serangan balik mengandalkan Mbappe, namun para pemain belakang Spanyol cepat menutup daerahnya.

Wasit Slavko Vincic kelahiran Slovenia 25 November 1979 yang memimpin pertandingan ini mengeluarkan kartu kuning untuk Jesus Navas, Lampe Yamal (Spanyol) dan untuk A. Techouameni dan E.Camavinga.

Spanyol sepanjang pertandingan Piala Eropa 2024 merupakan satu-satunya tim yang tidak pernah terkalahkan atau dipaksa bermain imbang. Pada babak pertama Spanyol mengalahkan Kroasia 3-0, menang 1-0 atas Italia dan juga Albania.

Pada babak 16 besar, Spanyol mengalahkan Georgia 2-1. Di perdelapan final mengalahkan tuan rumah Jerman 2-1 dan terakhir di semifinal menundukkan Prancis 2-1.

Spanyol tercatat tiga kali meraih juara Piala Eropa, yakni ketika menjadi tuan rumah pada tahun 1964, tahun 2008 saat Austria/Swiss tuan rumah, dan 2012 ketika Ukraina dan Polandia menjadi tuan rumah.

Jadwal
Kamis, 11 Juli 2024 pukul 03.00
Belanda vs Inggris. (MDA).

Iklan Amri Arsyid