banner 728x90

SLBN 1 Makassar Adakan Seminar Nasional Literasi Digital

  • Bagikan

NusantaraInsight, Makassar — Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 1 Pembina Makassar mengadakan seminar nasional terkait literasi digital, pada Minggu (6/8/2023) di Aula SLBN 1.

Dengan tema “Mewujudkan Literasi Digital yang iklusif dan Ramah Disabilitas” seminar nasional ini terselenggara berkat kerjasama Kemenkominfo, Bermakna (Psychological Center), Siber Kreasi dan Sahabat Syndrom Down Istimewa (SSDI) dan SLBN 1 Pembina Makassar.

Menurut Rizki Nugroho dari Menkominfo melalui rilis pelaksanaannya, menuliskan tujuan dan sasaran yang akan dicapai dalam kegiatan ini.

Tujuannya antara lain :
1. Melatih para disabilitas, keluarga, pendamping menjadi cakap digital.
2. Memfasilitasi para disabilitas dan sistem pendukung untuk menjangkau layanan publik secara digital.
3. Membantu disabilitas dan sistem pendukungnya, mengakses teknologi melalui perangkat yang dimiliki.
4. Memperoleh rekomendasi untuk pengembangan program cakap digital yang ramah disabilitas.
5. Mewujudkan 4 pilar, literasi digital, etika digital, budaya digital, keterampilan digital dan keamanan digital.

Sementara itu Kepala UPT SLBN 1 Pembina Makassar A. Hamjan, S.Pd.,M.Pd kepada media ini menyampaikan bahwa kegiatan seminar nasional ini sangat penting artinya bagi siswa disabilitas, orang tua dan juga para pendampingnya.

BACA JUGA:  Awali kegiatan Milad Ke 50, FT UMI Adakan Dzikir dan Doa

“Dimana pada seminar ini membantu para siswa, orang tua dan juga para pendampingnya untuk menjadi cakap dalam menggunakan platform digital di media sosial,” ucapnya.

“Tentu literasi digital ini juga dapat mencegah segala kejahatan kepada anak disabilitas dari platform digital seperti yang ada di media sosial,” terang A. Hamjan lagi.

“Tentu yang menjadi sangat penting adalah bagaimana siswa kita dapat memperoleh keterampilan dan dapat mengakses teknologi secara digital demi masa depan mereka,” tambahnya.

“Selain itu, para siswa dapat mengetahui dan mendapatkan rekomendasi bagaimana mengetahui platform digital yang ramah terhadap mereka,” tutupnya.

  • Bagikan