banner 728x90

SD Negeri Borong Bukan Sekolah Kaleng-Kaleng

  • Bagikan
SD Negeri Borong
SD Negeri Borong adakan perpisahan

NusantaraInsight, Makassar — “Bila mau bicara wajah pendidikan dan 18 revolusi pendidikan, kita bisa lihat pada acara pelepasan dan perpisahan murid-murid SD Negeri Borong ini. Mereka menampilkan bakat-bakat terbaiknya,” demikian Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar, Muhyiddin, SE, MM, dalam sambutannya pada acara Pelepasan dan Perpisahan Peserta Didik Kelas VI UPT SPF SD Negeri Borong Tahun Ajaran 2023/2024 di Ballroom Sandeq Hotel Claro, Makassar, 11 Juni 2024.

Dalam acara pelepasan dan penamatan bertema “Semoga Menjadi Generasi yang Beriman dan Berakhlak Mulia” itu, Muhyiddin mengaku bahwa dia tidak ragu kalau SD Negeri Borong yang mengadakan kegiatan. Dia memuji beberapa inovasi yang dikembangkan sekolah yang berada di Kecamatan Manggala itu, di antaranya Bunda Pustaka.

Menurutnya, Bunda Pustaka bagian dari smart library. Karena ukuran perpustakaan bukan cuma ruangan dan bentuk fisiknya tapi juga budaya membaca dan kegiatan kreativitasnya. Sehingga dia mengucapkan terima kasih atas dukungan dan kolaborasi antara guru dan orangtua serta para pemerhati pendidikan.

BACA JUGA:  Mahasiswa UNM Adakan Program AMSD di SD Negeri Borong Makassar

Anak-anak yang tampil ini, lanjut Muhyiddin, sudah kelihatan masa depannya tinggal bagaimana orangtua terus mendukung. Selain akademik, penting pula menanamkan pendidikan yang berakhlak, berkarakter dan beretika kepada anak-anak, sesuai program Jagai Anak ta.

“Kita ini mau melihat anak-anak kita bahagia lewat pendidikan yang baik dan berkualitas,” imbuhnya.

Muhyiddin memastikan bahwa semua alumni SD Negeri Borong, melanjutkan pendidikan pada tingjat SMP. Ini sesuai visi misi pendidikan Walikota Makassar, semua anak harus sekolah. Pendidikan itu hak warga negara, sebagaimana dijamin dalam konstitusi kita. Dia membeberkan, dalam penerimaan siswa baru, selain jalur zonasi dan non zonasi, juga ada jalur solusi untuk menyelesaikan masalah agar anak-anak tetap bersekolah.

Kepala UPT SPF SD Negeri Borong, Dra Hj Hendriati Sabir, M.Pd, juga mengapresiasi anak-anak yang sudah menampilkan talenta-talenta terbaik. Ini akan jadi modal mereka saat nanti berada di jenjang SMP. Penampilan anak-anak ini juga merupakan aktualisasi Program Proyek Penguatan Pelajar Pancasila (P5).

“SD Negeri Borong ini prestasinya bukan kaleng-kaleng. Prestasi mereka sudah pada tingkat Kota Makassar bahkan Provinsi Sulawesi Selatan,” kata Bu Indri, sapaan akrabnya.

BACA JUGA:  BBGP Sulsel Gelar Lokakarya ke-2 Program Sekolah Penggerak di Palopo

Semua ini diakui berkat kolaborasi dari orangtua, guru serta tenaga kependidikan. Acara ini, juga merupakan hasil kerjasama Panitia Perpisahan yang terdiri dari orangtua siswa dan guru-guru, serta murid-murid SD Negeri Borong. Kalau kolaborasi terus dilakukan insya Allah bisa sampai ke tingkat nasional.

  • Bagikan