banner 728x90

Poltekbang Adakan PKM Diseminasi WBL di UMI

  • Bagikan

NusantaraInsight, Makassar — Fakultas Teknik Universitas Muslim Indonesia (FT UMI) menerima tim dosen Politeknik Penerbangan (Poltekbang) Makassar beserta rombongan yang mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) bertema Diseminasi Produk Model Pembelajaran Work Based Learning (WBL) sebagai bentuk Tri Darma Perguruan Tinggi yang berlangsung di Aula A.M. Rapi Mantahing FT UMI, Jumat (23/06/2023).

Rombongan diterima Dekan FT UMI, Dr. Ir..H. Mukhtar Thahir Syarkawi, MT, ATU, didampingi Wakil Dekan I, Dr. Ir. H. Arif Jaya, MT, Wakil Dekan II, Ir. Azis Alimuddin, MT, Wakil Dekan III Dr. Eng. Kusno Kamil, ST, MT, Ketua PSMF FT UMI Abdullah Basalamah, MT dan Ketua Prodi Teknik Elektro Ir. Andi Syarifudin, MT,

Ikut dalam rombongan tim Poltekbang yakni Wakil Direktur III Poltekbang Makassar Dr. Suhanto, MKom, MM, Pengelola Penelitian, Rosmiati, serta Dr. Bambang Driyono, SSIT, ST, MM, dan Bayu Purbo, SSIT, MT selaku pemateri.

Pada kegiatan yang diikuti dosen dari Prodi Teknik Elektro dan Prodi Teknik Sipil beserta mahasiswa, selaku pemateri, Dr. Bambang Driyono bersama Bayu Purbo menyampaikan, intinya model pembelajaran WBL adalah bagaimana membawa suasana kerja yang ada di lapangan ke lingkungan kampus.

BACA JUGA:  Disdik Sulsel dan MKKS SLB Adakan Pendampingan Perencanaan Berbasis Data

“Di lapangan, mahasiswa bisa bekerja menggunakan alat secara langsung dengan suasana pekerjaan sebenarnya. Kondisi inilah yang bisa dipraktekkan langsung di kampus,” ungkap Bambang.

Dan untuk menuju ke arah tersebut, kata Bambang, minimal kampus melakukan kemitraan dengan praktisi lapangan. Contohnya untuk Prodi Elektro dapat bermitra dengan PLN atau Telkom.

“Ujungnya, kompetensi mahasiswa akan meningkatkan dan langsung bisa bekerja,” tegasnya.

Sebelum, Dekan FT Dr. Ir..H. Mukhtar Thahir Syarkawi, MT, ATU, mengatakan, kegiatan yang dilakukan Poltekbang Makassar di UMI merupakan implementasi dari Tri Darma Perguruan Tinggi.

“Kegiatan seperti inilah yang dapat dilakukan untuk menjadi ajang meningkatkan kerjasama jangka panjang antar perguruan tinggi, baik di bidang pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, sebagai bentuk implementasi Tri Darma Perguruan Tinggi, khususnya antara FT UMI dengan Poltekbang Makassar,” ungkap Dekan FT UMI. (zl)

  • Bagikan