banner 728x90

Peringati Hari Aksara Internasional, Bunda Pustaka SD Negeri Borong Makassar Dikukuhkan

  • Bagikan

NusantaraInsight, Makassar — Bunda Pustaka SD Negeri Borong, resmi dikukuhkan, Rabu, 6 September 2023. Pengukuhan yang diadakan di Perpustakaan Gerbang Ilmu SD Negeri Borong ini sekaligus untuk memperingati Hari Aksara Internasional 2023.

Bunda Pustaka merupakan inovasi SD Negeri Borong untuk mendorong partisipasi orang tua dalam gerakan literasi sekolah. Namun aktivitasnya tak hanya berkaitan dengan perpustakaan dan kegiatan literasi. Juga dalam beragam kegiatan sekolah lainnya.

“Alhamdulillah jumlah anggota kami meningkat. Sebelumnya anggota Bunda Pustaka hanya 20an orang, kini sudah 30an orang. Artinya semakin banyak orang tua yang punya kepedulian dan perhatian,” ungkap Mulyati Husain, Ketua Bunda Pustaka, periode 2023-2025.

Walaupun baru dikukuhkan, tapi kepengurusan periode ketiga ini sudah melaksanakan beberapa kegiatan antara lain, Workshop Puisi. Mereka juga terlibat dalam lomba antar kelas dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI.

Sepanjang tahun 2023 ini, sudah diagendakan kunjungan ke Perpustakaan Umum Kabupaten Gowa dalam rangka Hari Kunjung Perpustakaan. Juga akan diadakan lomba rangking 1, serta rencana berkunjung dan melakukan penanaman pohon di Tokka Tena Rata Moncongloe.

BACA JUGA:  FT Unhas Hadirkan Narasumber Asal UTM Malaysia

“Semoga program-program dalam kepengurusan baru ini, semakin lebih diperbaiki lagi di tahun-tahun mendatang,” kata Mulyati Husain.

Kepala Perpustakaan Gerbang Ilmu SD Negeri Borong, Saparuddin Numa, S.I.P, mengatakan salah satu keunggulan Bunda Pustaka adalah karena mereka mengedepankan nilai-nilai kekeluargaan. Karena itu, meskipun ada yang anaknya sudah tamat tapi ikatan yang sudah terbangun tetap terjalin.

“Mungkin saja nanti kita bentuk keluarga alumni Bunda Pustaka,” kata pustakawan yang akrab disapa Pak Sapar itu.

Kepala UPT SPF SD Negeri Borong, Dra Hj Hendriati Sabir, M.Pd, mengakui sudah banyak kontribusi yang diberikan Bunda Pustaka bagi sekolah. Bunda Pustaka merupakan ciri khas SDN Borong. Ini suatu kebanggaan. Karena Bunda Pustaka dianggap sesuatu yang positif. Penilaian ini disampaikan oleh Tim Akreditasi Sekolah, yang melakukan visitasi pada 4-5 September 2023.

Verifikasi lapangan guna akreditasi sekolah itu, diharapkan akan membuahkan hasil maksimal. Karena telah banyak kemajuan yang dicapai SD Negeri Borong. Sekolah ini perpustakaannya sudah akreditasi A, termasuk sekolah penggerak, dan sudah jadi sekolah Adiwiyata Nasional.

BACA JUGA:  Kadis Pendidikan Makassar Hadiri Lokakarya CGP Angkatan 10 Di Bone

“Bunda Pustaka ini juga ikut dalam kegiatan-kegiatan lingkungan hidup dan kegiatan outing class untuk memberikan pembelajaran bagi anak-anak di luar sekolah,” terang Hendriati Sabir.

  • Bagikan