banner 728x90

Mahasiswa IP Unismuh Makassar Benchmarking Pemerintahan di Bulukumba

  • Bagikan

NusantaraInsight, Makassar — Sebanyak 80 mahasiswa Prodi Ilmu Pemerintahan (IP) Fisip Unismuh Makassar dan didampingi 15 dosen pembimbing kembali akan menjalani program Benchmarking Pemerintahan dan akan disebar pada beberapa kantor pemerintah di wilayah Kabupaten Bulukumba, Selasa-Kamis, 11-13 Juli 2023.

Demikian ditegaskan Ketua Prodi S1 IP Fisip Unismuh Makassar, Ahmad Harakan, S.IP, M.Si, kepada media di kampus Unismuh, Sabtu 8 Juni 2023.

Dijelaskan, adapun kantor pemerintah yang akan jadi lokasi kegiatan tahunan bagi mahasiswa semester akhir ini adalah; DPRD Bulukumba dengan obyek penelitian lapangan adalah, Strategi Kebijakan Tata Kelola Pesisir yang Berkelanjutan di Kab Bulukumba

Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dengan obyek adalah Partisipasi Masyarakat untuk Model Pariwisata Berkelanjutan di Kawasan Pesisir Bulukumba

Dinas Perdagangan, Perindusstian, Koperasi Usaha Kecuil dan Menengah, tema penenlitian Community-Based Organization dalam Pengembangan UMKM di Wilayah Pesisir

Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan tema, Coastal Area Resilient dalam Menghadapi Urbanisasi Wilayah Pesisir di Kab Bulukumba. Badan Penanggulangan Bencana Daerah dengan tema, Dampak Pembangunan Pesisir Terhadap Risiko Bencana: Tinjauan Terhadap Kebijakan dan Praktik Mitigasi di Wilayah Pesisir.

BACA JUGA:  Laksanakan Surat Edaran Disdik Sulsel Sejumlah SMA di Bulukumba Gelar Pesantren Ramadhan

Dinas Pariwisata dengan tema, Partnership Governance dalam Pengembangan Destinasi Pariwisata Pesisir: Analisis Kerjasama antara Pemerintah, Sektor Swasta, dan Masyarakat Lokal.

Dinas Perikanan dengan tema, Multilevel Governance Collaboration dalam Implementasi Blue Ekonomi Sektor Perikanan di Kabupaten Bulukumba. Dinas Sosial dengan tema, Adaptiv Governance dalam Pengelolaan Dampak Sosial Eksploitasi Sumber Daya di Wilayah Pesisir.

Memperlancar proses kegiatan ini maka telah terbentuk panitia pelaksana dengan Ketua Panitia, Muh Syamsul; Sekretaris; Sukma Ayu; Bendahara; Fatima Azahra dilengkapi dengan beberapa divisi.

Lewat Benchmarking Pemerintahan ini diharap para mahasiswa mampu meningkatkan wawasannya terhadap tata kelola pemerintahan, mampu meningkatkan pengetahuan tentang transformasi kebijakan pengelolaan pariwisata pesisir pasca Covid-19.

Sebelum mahasiswa diturunkan ke lokasi, para pimpinan dan dosen Prodi IP telah melakukan audiensi dengan Pemerintah Kabupaten Bulukumba, Kamis 6 Juli 2023 di Rumah Dinas Bupati Kabupaten Bulukumba.

Rombongan IP Unismuh Makassar ini diterima Sekretaris Daerah, Muhamad Ali Saleng, SH., M.Si. Kesempatan itu disampaikan rencana pelaksanaan Benchmarking Pemerintahan di wilayah Bulukumba.

  • Bagikan