banner 728x90

IMIKI Makassar, Bersihkan Sampah Plastik di Pulau Gusung

  • Bagikan

NusantaraInsight, Makassar — Ikatan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Indonesia (IMIKI) Cabang Makassar menggelar Bakti Sosial (Baksos) dengan membersihkan sampah plastik di Pulau Gusung, Minggu (27/08/2023).

Agenda Baksos yang merupakan rangkaian Family Gathering itu mengumpulkan sampah plastik di sekitaran bibir Pulau Gusung sebanyak 95,6 kg

Koordinator Bidang Penelitian dan Pengembangan IMIKI Cabang Makassar, Muh. Zultamzil mengatakan para peserta Family Gathering mengumpulkan sampah plastik untuk didistribusikan ke pengolahan daur ulang sampah di Makassar mengingat sampah plastik tidak dapat terurai dan berbahaya bagi kehidupan biota laut

Menurutnya, kondisi Pulau Gusung sebagai salah satu tujuan wisata masih belum menyediakan tempat sampah khusus sehingga perlu kolaborasi pemerintah dan komunitas maupun masyarakat hingga mahasiswa mulai sadar untuk tidak membuang sampah sembarang tempat.

“Kalau kita lihat kondisinya sampah masih berserakan banyak, belum ada tempat sampah khusus juga disediakan”, ungkapnya

Ia menyebut sampah plastik sangat berbahaya bagi pulau yang aktifitasnya berdampingan langsung dengan ekosistem laut sehingga perlu didorong kesadaran bersama untuk menyelamatkan alam.

BACA JUGA:  MAN 2 Bulukumba Raih Juara di Ajang Kompetisi Matematika SINUS UINAM!

“Karena kita tahu bersama kalau sampah plastik ini berbahaya bagi hewan-hewan di laut jadi seharusnya para pengunjung sadar soal sampahnya masing-masing”, pungkasnya

Sementara itu, Ketua IMIKI Cabang Makassar, Dafa Ainur berharap kedepannya banyak aksi-aksi peduli lingkungan dari mahasiswa maupun masyarakat sehingga keberlanjutan lingkungan dapat berjalan dengan baik.

“Bukan hanya kami tapi kedepannya akan ada banyak lagi aksi-aksi seperti ini untuk menjaga keberlangsungan lingkungan hidup” jelasnya.

  • Bagikan