banner 728x90

Citra dan WAG “Penulis Hebat SDN Borong”

  • Bagikan

NusantaraInsight, Makassar — Citra, murid kelas 4A SD Negeri Borong, Kecamatan Manggala, Kota Makassar. Biasa dipanggil Citra. Lahir di Jakarta, tanggal 25 November 2013.”

Data diri ini ditulis Citra, setelah dia menyampaikan keinginannya menulis buku kepada Rusdin Tompo, pegiat Sekolah Ramah Anak (SRA), yang juga seorang penulis. Obrolan keduanya terjadi pada Minggu, 12 November 2023, sekira pukul 13.45 wita

Anak pasangan Hirwan dan Riska Wati itu mengaku punya hobi bercerita, menulis, dan dance. Cita-citanya, mau menjadi pengusaha besar. Dia suka pelajaran bahasa Inggris. Sementara alasannya suka menulis karena, katanya, ingin membanggakan orang tua. Juga karena bisa bangga pada karyanya sendiri.

“Saya ingin bangga dengan karya sendiri,” tulis Citra dalam bionarasinya yang dikirim melalui WhatsApp.

Dalam obrolan siang itu dia bertanya, apakah nanti di bukunya bisa ditambahkan biodata? Rusdin Tompo, menjawab perlu karena itu bagian dari identitas buku dan menunjukan karyanya. Dia pun membuat “Tentang Penulis” yang menggambarkan siapa dirinya seperti tertera pada awal tulisan ini.

BACA JUGA:  Halalbihalal SMA Negeri 5 Makassar Membawa Nuansa Kebersamaan

Pada tulisannya yang lain, dia bercerita perihal awal mula dia mengikuti kegiatan minat bakat yang dilakukan di sekolahnya. Istilah minat bakat merupakan kegiatan ekstrakurikuler di SD Negeri Borong, di mana Rusdin Tompo sebagai pendampingnya. Kegiatan ini berlangsung sejak tahun 2018.

Program minat bakat ini diisi dengan kegiatan seni dan literasi. Pesertanya terbuka untuk semua anak yang meminati kedua bidang itu. Rusdin Tompo menggunakan pendekatan hak anak, sebagaimana dinyatakan dalam Konvensi Hak Anak (KHA). Dengan metode itu, dia memberikan ruang bagi anak-anak untuk bermain, berkreasi, mengisi waktu luang dengan kegiatan seni budaya.

“Saya kenal Pak Rusdin dari Icha, teman kelasku. Saya tertarik dengan menggambar tapi saya malas berpikir, mager (malas bergerak). Tapi saya tahu, malas itu tidak boleh berlebihan. Saya pun full semangat,” begitu ceritanya yang ditulis tanggal 7 September 2023.

Semua tulisannya dibuat secara manual, ditulis tangan pada lembaran kertas HVS yang dibagikan saat kegiatan minat bakat berlangsung di Perpustakaan Gerbang Ilmu SD Negeri Borong. Tulisan yang dikerjakan di rumahnya, dia tulis pada lembaran buku bergaris, yang nanti dia setor saat pertemuan minat bakat berikutnya. Rerata dia menyetor 3-4 tulisan setiap pekan.

BACA JUGA:  SLBN 2 Makassar Laksanakan Upacara Sambut Hari Pramuka

Tema tulisannya cukup beragam. Baca saja judul-judul tulisannya. Citra sudah menulis pengalamannya saat ke Museum Kota, dia menulis tentang HUT Kota Makassar, Hari Ayah, dan guru-guru di sekolahnya. Citra juga menulis cerita tentang keseruan berenang di kolam renang Tirta Lontara milik Kodam XIV Hasanuddin,

  • Bagikan