banner 728x90

Cara Unik SLBN 1 Parepare Peringati Hari Disabilitas Internasional

  • Bagikan

NusantaraInsight, Parepare — Berbagai cara dilakukan untuk memperingati Hari Disabilitas Internasional yang jatuh pada tanggal 3 Desember. Namun perayaan kali ini, sedikit berbeda dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) 1 Parepare.

SLBN 1 Parepare memperingati Hari Disabilitas Internasional tahun 2023 sedikit lebih unik karena kali ini menggandeng Komite Sekolah dengan menggelar Hasil Karya Siswa atau Gelar Karya Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)

Gelar Karya P5 ini merupakan rangkaian puncak kegiatan dari Implementasi Kurikulum Merdeka. Ini merupakan ajang pameran hasil karya peserta didik selama proses pembelajaran. Dalam gelar karya, peserta didik diberikan ruang dan waktu untuk menampilkan ide maupun inovasi yang telah dikembangkan sesuai kelompoknya.

Hal ini disampaikan oleh Kepala UPT SLBN 1 Parepare Faisal Syarif, S.Pd.,M.Kes kepada media ini, Senin (4/12/2023).

Faisal Syarif yang juga Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SLB ini, berterima kasih kepada seluruh orang tua siswa melalui Komite Sekolah yang telah membangun kolaborasi dengan pihak sekolah, sehingga kegiatan ini berjalan lancar dan sukses.

BACA JUGA:  Dr. Rahmi Amir, S.Si., M.Kes, Dosen Unismuh Parepare Terima Satya Lencana Karya Satya

“Tentu peringatan Hari Disabilitas Internasional ini dengan menampilkan gelar karya para siswa SLBN 1 yang merupakan implementasi dari kurikulum merdeka dimana Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) ini, memamerkan hasil-hasil karya siswa SLBN 1 Parepare,” tuturnya.

“Untuk itu kami buat peringatan ini dengan metode pameran hasil karya siswa dan cukup uniknya adalah selain gelaran fashion show antara guru dan orang tua siswa ada juga lomba tadarus Alquran serta tukar kado antara orang tua dan guru,” tutupnya.

Peringatan Hari Disabilitas Internasional ini, dirayakan dengan upacara resmi dengan berbaju bodo. Uniknya upacara ini diikuti juga oleh sebagian besar orang tua siswa.

Hari Disabilitas Internasional yang dipusatkan di Pelataran SLBN 1 Parepare ini, dari pihak sekolah memberikan penghargaan kepada guru-guru yaitu Suarni, S.Pd, juara 3 pada lomba inovasi pembelajaran tingkat provinsi serta berhasil melakukan pembimbingan kepada siswa SMALB yang magang di PT. ADIRA FINANCE selama 4 bulan.

Penghargaan lain juga diberikan kepada Marwan, S.Pdi dan Nurlinda, S.Pd yang telah menjalankan tugasnya sebagai guru pembimbing mahasiswa PPL dari kampus IAIN dan STAI DDI Parepare.

BACA JUGA:  SMKN 9 Makassar Gandeng Disnakertrans Sosialisasi Program Magang Kerja Luar Negeri

Acara ini berlangsung dengan penuh kehangatan dan keceriaan, para guru siswa dan juga orang tua siswa berbaur menjadi satu kesatuan dalam suasana kekeluargaan.

  • Bagikan