banner 728x90

Posisi Sulsel Sebagai Lumbung dan Penyangga Pangan Nasional Perlu Dipertahankan, Urgensi Sosialisasi KUR Petani

  • Bagikan

Ir. H. Andi Hasdullah. MSi.                 (Mantan Staf Ahli Gubernur Sulsel)

NusantaraInsight, Makassar — Posisi Sulsel sebagai salah satu daerah lumbung pangan sekaligus menjadi penyangga pangan nasional harus terus dijaga dan dikawal oleh pemerintah Pemprov Sulsel dan kabupaten kota serta semua pihak yang terkait.

Perlu ada atensi penguatan koordinasi, langkah aksi lapangan dengan para kelompok tani yang lebih khusus meliputi jadwal tanam serempak, penyediaan bibit, pupuk, semprotan tepat waktu dan volume yang diperlukan para petani dan lainnya. Apalagi dalam kondisi El Nino yang masih terasa hingga saat ini-

Komoditas tanaman pangan terutama padi menjadi komoditas utama selama ini yang menjadikan Sulsel sebagai lumbung pangan nasional tentu tetap menjadi atensi yang paling utama untuk ditangani secara terpadu dan terkoordinasi dengan baik.

Langkah diversifikasi melalui pengembangan penganekaragaman pengembangan tanaman merupakan langkah inovasi yang tetap perlu terus dikembangkan seperti gerakan budidaya pisang yang digawangi pemerintah Sulsel. ini tentu akan memberikan nilai tambah pendapatan petani kita.

BACA JUGA:  Mallarangang Daeng Tutu: Dari Takalar Untuk Sulawesi Selatan

Selanjutnya dukungan dana Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk para petani tentu sangat diperlukan sehingga perlu memberi kemudahan petani untuk mendapatkannya, olehnya diperlukan adanya sosialisasi yang masiv tentang tatacara untuk memanfaatkan dan mendapatkan dana KUR dengan demikian petani bisa memanfaatkan secara maksimal.

 

  • Bagikan