banner 728x90

UIN Alauddin Makassar Rayakan Hari Santri Nasional

  • Bagikan

NusantaraInsight, Makassar — Puncak Hari Santri Nasional jatuh pada Hari Minggu 22 Oktober 2023. UIN Alauddin Makassar telah memperingati dengan upacara apel sebagai salah satu rangkaian acaranya. Apel Hari Santri sendiri dilaksanakan di lapangan Rektorat UIN Alauddin.

Momen ini ditetapkan sebagai hari nasional oleh Presiden Joko Widodo melalui Keputusan Presiden sejak tahun 2015. Tak hanya perayaan pada umumnya, Hari Santri Nasional juga diperingati secara seremonial.

Sejarah lahirnya Hari Santri Nasional yang ditetapkan pada tanggal 22 Oktober mengacu pada suatu peristiwa sejarah yaitu imbauan yang dibacakan oleh pahlawan nasional KH. Hasyim Asy’ari pada tanggal 22 Oktober 1945. Tanggal 22 Oktober 1945 juga dianggap sebagai Hari Resolusi Jihad yang mempersatukan mahasiswa dan ulama untuk bekerja sama membela Indonesia.

Seruan ini berisi perintah kepada umat Islam untuk melakukan mobilisasi (jihad) melawan tentara sekutu yang ingin menjajah kembali wilayah NKRI pasca proklamasi kemerdekaan.

Sebagai informasi, peringatan Hari Santri Nasional tahun 2023 mengusung tema Jihad Santri Jayakan Negeri. Kementerian Agama (Kemenag) mengeluarkan surat edaran tentang pelaksanaan Hari Santri 2023.

BACA JUGA:  Simak! Enam Kementerian Umumkan Formasi Penerimaan PPPK, Ini Rinciannya

Panduan Peringatan Hari Santri Tahun 2023 tertulis dalam Surat Edaran (SE) Menteri Agama Republik Indonesia Nomor SE 10 Tahun 2023 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Peringatan Hari Santri Tahun 2023. SE ini adalah ditandatangani oleh Menteri Agama. Yaqut Cholil Qoumas pada 11 Oktober 2023.

Surat edaran ini dimaksudkan dan bertujuan untuk memberikan arahan kepada para pemangku kepentingan, pesantren dan masyarakat dalam melaksanakan kegiatan peringatan Hari Santri Nasional 2023.

Citizen reporter : NUR ILMI WAHYUNI

  • Bagikan