banner 728x90

UK PACT Indonesia Adakan Lokakarya Jurnalistik, Luna Vidya Sampaikan ini.

  • Bagikan

NusantaraInsight, Makassar — UK PACT Indonesia, WRI Indonesia, ARUP, Vital Strategis dan Pusdiklat JOIN Nasional mengadakan lokakarya di Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Jalan Adhyaksa nomor 2 Makassar, Kamis (7/9/2023).

United Kingdom (UK) Partnering for Accelerated Climate Transitions (PACT) adalah kerja sama antara Indonesia dan Inggris.

Program “Transportasi Rendah Karbon Inklusif di Indonesia” adalah salah satu dari lima kegiatan UK PACT Indonesia-Inggris (Partnering for Accelerated Climate Transitions) kota rendah karbon.

Program ini berkontribusi pada rencana Kementerian Perhubungan Indonesia (MOT) untuk mengurangi emisi karbon transportasi perkotaan, serta memberikan dukungan kepada Pemerintah Sulawesi Selatan untuk mengembangkan transportasi rendah karbon yang inklusif.

Indonesia UK PACT ini berkolaborasi dengan World Resource Institute (WRI) Indonesia yang merupakan organisasi penelitian independen yang bekerja sama dengan pemerintah, bisnis, lembaga multilateral, dan kelompok masyarakat sipil untuk mengembangkan solusi praktis yang meningkatkan kehidupan masyarakat dan memastikan alam dapat berkembang di Indonesia. Kami mengatur pekerjaan kami di sekitar lima isu penting: Hutan dan Tata Guna Lahan, Iklim, Energi, Kota dan Transportasi, dan Lautan.

BACA JUGA:  Warga Gaza Dipaksa Kibarkan Bendera Putih

Selain dengan WRI Indonesia, UK PACT juga bekerja sama dengan Arup yang merupakan sebuah firma profesional kelas dunia berkantor pusat di London, Inggris yang melayani rekayasa teknologi, rancangan, perencanaan, manajemen proyek dan konsultan untuk semua aspek pendirian bangunan. Perusahaan ini hadir di Amerika, Australia, Asia, Asia Timur, Eropa, Timur Tengah dan Afrika, memiliki lebih dari 10.000 karyawan bertempat di 92 kantor di 37 negara, seperti dilansir dari Wikipedia.

ARUP ini mendesain Sudirman Loop Makassar untuk moda transportasi rendah emisi, publik dan ramah lingkungan seperti yang dihantarkan oleh Luna Vidya City Coordinator UK PACT Indonesia di Makassar dalam Lokakarya Jurnalistik dengan Tema Mobilitas Berkelanjutan.

Luna juga menjelaskan bahwa Vital Strategies yang merupakan organisasi kesehatan global berpusat di New York USA yang memanfaatkan kesehatan masyarakat sebagai media untuk mendukung kehidupan yang sehat dan berkelanjutan.

Adapun isu global dari Vital Strategies adalah menghadapi tantangan kesehatan yang paling penting dan sulit. Kami merancang solusi yang dapat berkembang dengan cepat dan meningkatkan taraf hidup jutaan orang. Misi kami adalah bekerja sama dalam memikirkan kembali kebijakan dan praktik berbasis bukti yang didorong oleh masyarakat setempat untuk memajukan kesehatan masyarakat.

BACA JUGA:  Pemprov Sulsel Canangkan "Gadis 2024"

Luna berpesan kepada para peserta Lokakarya jurnalistik untuk memfollow akun IG @mobilitas_ramah_iklim.

Lokakarya ini juga menampilkan dua narasumber yaitu,
Dr. Ir. H. Mukhtar Syarkawi, MT.,ATU (Ketua Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Sulawesi Selatan)
Dr. Ir. Lucky Caroles, ST.,MT.,IPM (Ketua Umum Pusat Perencanaan Pembangunan Pengembangan Prasarana (PSP4)) dan
Zulkarnain Hamson, S.Sos.,M.Si (Direktur Pusdiklat Jurnalis Online Indonesia Nasional) selaku instruktur kegiatan.

  • Bagikan