banner 728x90

Suara Bergetar, Pidato Anies Buat Haru

  • Bagikan

NusantaraInsight, Jakarta — Bakal calon presiden (capres) dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan berpidato dengan suara bergetar.

Momen pidato Anies membuat sejumlah peserta deklarator dari tiga partai pengusung menjadi terharu.

Anies mengatakan, kesiapan proses mengikuti pendaftaran capres-cawapres pada hari ini memperlihatkan konsistensi langkah mewujudkan perubahan buat masyarakat.

Hal itu disampaikan Anies dalam pidato di Nasdem Tower, Jakarta Pusat, Kamis (19/10/2023), menjelang proses pendaftaran capres-cawapres di Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Setelah deklarasi Nasdem yang mengusungnya sebagai bakal capres pada 2022 lalu, mereka terus diuji oleh berbagai peristiwa,” papar Anies dengan suara bergetar.

Akan tetapi, persoalan yang terjadi pada kepemimpinan nasional belakangan ini adalah terkait inkonsistensi.

“Kita sudah sering ditunjukkan sikap berubah di tengah jalan. Hari ini kita menyaksikan, bangsa ini sedang memberikan contoh apa itu konsistensi. Apa itu keteguhan. Apa itu lisan dan perbuatan,” kata Anies emosional.

Anies melanjutkan, dia dan bakal cawapres Muhaimin Iskandar (Cak Imin) akan berupaya memperbaiki situasi itu dan mewujudkan aspirasi rakyat.

BACA JUGA:  Seleksi PPPK 2024 Segera Dibuka, Terbuka Peluang untuk Guru Honorer

“Ketika kata-kata sering dipertanyakan, bangsa ini dalam situasi terombang-ambing. Perubahan yang dikirimkan dari ruangan ini adalah perubahan tentang mengembalikan kepercayaan publik pada proses politik. Mengembalikan kepercayaan publik kepada pemimpin-pemimpinnya,” ungkapnya.

Sebelumnya, Anies mengenang awal dirinya didaulat oleh Ketua Umum Nasdem Surya Paloh menjadi Calon Presiden.

“Pada tanggal 3 Oktober 2022, di tempat ini saya di deklarasikan sebagai Calon Presiden oleh Bapak Surya Paloh. Sehari sebelumnya, saya bertemu beliau, sore itu beliau berkata, “ini besar, ini tidak ringan, apakah bung Anies siap,” tanya beliau,” kenang Anies.

“Saya jawab, Pak Surya “Bismillah” dengan komitmen bersama saya siap, kemudian beliau memeluk saya di ruangan itu,” ucap Anies terharu.

Adapun persiapan kedua Bakal Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden ini menuju pendaftaran di KPU sudah dilakukan sejak subuh.

Anies dan Muhaimin pertama-tama mendatangi kantor DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan.

Setelah itu dilanjutkan ke kantor PKB, dan terakhir menuju kantor DPP Partai Nasdem.

BACA JUGA:  DLHK Sulsel, Jadi OPD Terinovatif

Saat Anies dan Muhaimin hadir, para kader menyambut dengan mengibarkan bendera PKB serta meneriakkan ”Salam Perubahan,”.

Diketahui keduanya bakal menjadi pasangan calon presiden dan calon wakil presiden yang mendaftarkan diri pertama ke KPU.

  • Bagikan