banner 728x90

PSM Unhas Raih Medali Emas di Korsel

  • Bagikan

NusantaraInsight, Gangneung — Prestasi membanggakan kembali diraih oleh Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Universitas Hasanuddin. Kali ini, PSM Unhas berhasil meraih emas dalam ajang internasional bertajuk “12th World Choir Games“, sebuah ajang tertinggi paduan suara dunia yang diselenggarakan oleh Interkultur Foundation. Kegiatan berlangsung di Gangneung, Korea Selatan akhir pekan ini.

Baca juga : Prof. A. Rahman : Kehadiran ADRI Sulselbar Solusi Menjawab Keluhan

Ari Anshari Sanusi yang diwawancarai Senin (10/7) menjelaskan untuk mengikuti perlombaan tersebut, Paduan Suara Mahasiswa Unhas telah melakukan persiapan sekitar satu tahun mulai dari proses pendaftaran, pengiriman berkas terkait lomba, latihan intens hingga persiapan kostum dan beberapa persiapan lainnya yang diperlukan.

Dalam perlombaan tersebut, Anshari mengatakan PSM Unhas mengikuti dua kategori yaitu Folklore Acapella yang merupakan lagu rakyat negara asal peserta yang dibawakan tanpa iringan musik dan Scenic Folklore, lagu yang memiliki alur cerita, diiringi musik tradisional dan koreografi.

Untuk kategori Folklore Acapella, PSM Unhas meraih 92 poin dan 95.50 poin untuk kategori Scenic Folklore. “Hasil penilaian ini yang berhasil mengantarkan PSM Unhas meraih emas dan mampu mengalahkan tim mancanegara seperti Amerika dan Australia,” ujar pelatih PSM ini.

BACA JUGA:  Lokakarya PSP Serentak di Lima Kabupaten

Untuk Folklore Acapella, lanjut Ari, PSM membawakan lagu Ma’rencong- rencong (Makassar), Si Patokaan (Minahasa) dan Toki Tifa (Maluku). Adapun untuk kategori Scenic Folklore lagu yang kami bawakan ada dua yakni Alu To Ma’lambuk dan Langkan Maega. “Pemilihan lagu ini karena tingkat kesulitannya yang tinggi,” ungkap Ari.

Secara umum, kategori yang diikuti PSM UNHAS adalah level Champions Competition yaitu kategori yg diperuntukkan bagi paduan suara yang telah memperoleh juara pada kompetisi-kompetisi sebelumnya. Dalam perlombaan ini, Adapun negara yang terlibat seperti Afrika Selatan, Amerika Serikat, hingga Australia.

  • Bagikan