banner 728x90

Ini Cerita Lilly Pembawa Baki Bendera Asal Papua Pegunungan

  • Bagikan

NusantaraInsight, Jakarta — Tim Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang bertugas untuk mengibarkan bendera Merah Putih pada Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada Kamis, 17 Agustus 2023, sukses menjalankan tugas dengan baik.

Dari Tim Paskibraka Indonesia Maju yang bertugas mengibarkan bendera pada Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Istana Negara yang menjadi sorotan khusus adalah pembawa baki bendera.

Dia adalah Lilly Indriani Suparman Wenda, Paskibraka Indonesia asal Papua Pegunungan. Saat ini, ia menempuh pendidikan di SMAN 1 Wamena.

Usai menjalankan tugasnya, Lilly demikian dia disapa mengungkapkan rasa bangganya karena terpilih membawa baki bendera pertama dari Provinsi Papua Pegunungan.

Dia menceritakan bahwa terpilihnya menjadi anggota Paskibraka dari 76 putra dan putri terbaik Indonesia merupakan suatu kejutan baginya.

“Saya ditelepon dari pusat untuk seleksi dan saya terkejut karena bisa lolos,” ungkapnya ketika diwawancarai oleh salah satu TV swasta nasional.

Lilly menyebutkan bahwa dirinya yang menjadi Paskibra tingkat kota, kemudian seleksi tingkat provinsi.

BACA JUGA:  Jelang Idul Fitri akan Muncul Komet Setan dan Gerhana Matahari Total 

“Dari pelatih disuruh ke kantor gubernur untuk seleksi dan lolos ke nasional,” terangnya.

Dia juga menjelaskan bahwa perlu adaptasi untuk dapat berbaur dengan teman-teman dari seluruh Indonesia.

“Utamanya pada berbicara, karena logat kami berbeda dengan teman-teman lain, tapi sekarang kami sudah berbaur,” ungkapnya.

Lilly juga mengungkapkan bahwa pada saat membawa baki bendera, dia sudah sangat percaya diri karena sebelumnya sudah melakukan gladi bersih dan disaksikan oleh Presiden Jokowi.

“Jadi sudah siap dan percaya diri, apalagi kata pelatih percaya diri saja naik tangganya,” ucap Lilly.

Ia juga berharap agar Indonesia dapat terus maju dan toleransi terus terjaga.

Diketahui, Presiden Joko Widodo mengukuhkan 76 anggota Paskibraka dari 38 provinsi di Tanah Air, dari tahun sebelumnya yang hanya 34 provinsi.

Indonesia saat ini memiliki empat provinsi baru di Papua, yaitu Papua Selatan, Papua Tengah, Papua Pegunungan, dan Papua Barat Daya.

Anggota Paskibraka dari keempat provinsi baru tersebut pun pertama kali akan bertugas pada Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi dan Upacara Penurunan Bendera Merah Putih pada 17 Agustus 2023 dan salah satu dari mereka yaitu Lilly Indriani Suparman Wenda.

BACA JUGA:  Maccini Sombala Juara Lomba Kelurahan

 

  • Bagikan