banner 728x90

Indonesian Television Award 2023 Hadirkan Dua Kategori Baru

  • Bagikan

NusantaraInsight, Jakarta — Ajang penghargaan terbesar dan paling prestisius bagi program televisi serta insan pertelevisian Indonesia yakni, Indonesian Television Awards (ITA) hadir kembali tahun ini.

Malam puncak ITA 2023 akan digelar pada 25 September 2023 pukul 21.30 WIB, serta Concert Celebration ITA 2023 pada 26 September 2023 pukul 22.00 WIB yang disiarkan secara langsung oleh RCTI dan GTV dari studio tercanggih serta terintegrasi di Asia, Studio RCTI+.

“Hadirnya Indonesian Televison Awards dari tahun ke tahun, selalu beriringan dengan perkembangan industri televisi di Indonesia. Oleh karenanya, Indonesian Television Awards 2023 menghadirkan dua kategori penghargaan baru sebagai bentuk apresiasi terhadap program televisi dan insan pertelevisian di Indonesia yang telah memberikan dampak positif kepada masyarakat melalui program atau karya yang mereka buat,” kata Dini Putri selaku Programming & Acquisition Director RCTI.

Indonesian Television Awards 2023 merupakan gelaran ke-8 kalinya, sejak diselenggarakan pertama kali pada tahun 2016. Melihat perkembangan program televisi yang semakin variatif dan inovatif, membuat Indonesian Television Awards 2023 menghadirkan 15 kategori penghargaan, dan 2 diantaranya merupakan kategori baru, yaitu Kategori Pendatang Baru Televisi Terpopuler serta Kategori Program Kompetisi Olahraga Terpopuler.

BACA JUGA:  Ketua MPR RI Apresiasi Komitmen Presiden Jokowi Subsidi Kendaraan Listrik

Ke-15 kategori penghargaan tersebut, terbagi menjadi 9 kategori program televisi, 5 kategori individu, serta 1 kategori spesial, sebagai berikut :
Program Prime Time Drama Terpopuler
Program Prime Time Non Drama Terpopuler
Program Non Prime Time Drama Terpopuler
Program Non Prime Time Non Drama Terpopuler
Program Akhir Pekan Terpopuler
Program Ramadan Drama Terpopuler
Program Ramadan Non Drama Terpopuler
Program News Siang Terpopuler
Program Kompetisi Olahraga Terpopuler
Pembawa Acara Televisi Terpopuler
Aktris Sinetron Terpopuler
Aktor Sinetron Terpopuler
Artis Televisi Terpopuler
Pendatang Baru Televisi Terpopuler

Seluruh kategori penghargaan dalam Indonesian Television Awards 2023 tidak hanya berdasarkan genre program, namun juga berdasarkan slot tayang program televisi dan pelaku industri televisi di Indonesia. Untuk penentuan nominasi masing-masing kategori bukan berdasarkan dari rating, tetapi berdasarkan survei top of mind pemirsa terkait program televisi selama periode tayang Agustus 2022 – Juli 2023. Survei dilakukan di 28 kota dengan jumlah sample mencapai 1.500 responden yang dilakukan oleh lembaga independent Roy Morgan Research.

BACA JUGA:  Membara di Timur Tengah, Minyak Mentah Mendidih, Rupiah Melemah

“Survei yang kita lakukan dalam Indonesian Television Awards 2023 adalah dengan cara mendatangi rumah-rumah para pemirsa televisi dan melakukan wawancara untuk mengetahui program yang paling terpopuler untuk masing-masing kategori. Alhasil, dari survei yang kita lakukan di 28 kota tersebut, keluarlah nama-nama nominasi dari masing-masing kategori yang ada di Indonesian Television Awards 2023,” ucap Ira Soekirman selaku Director Roy Morgan Research.

Pemirsa televisi Indonesia memiliki peran sangat penting untuk menentukan penerima penghargaan “TERPOPULER” di ajang Indonesian Television Awards 2023. Dimana, pemirsa dapat melakukan voting sosial media (Instagram dan Facebook) Indonesian Television Awards, serta melalui aplikasi RCTI+. Perhitungan hasil voting sosial media akan dilakukan lembaga independen Provetic. Verifikasi terhadap hasil voting dilakukan oleh auditor independen.

“Sekarang ini, pengguna media sosial khususnya di Indonesia mengalami peningkatan yang cukup pesat. Sementara RCTI yang merupakan televisi swasta pertama di Indonesia, sudah beberapa kali melakukan kolaborasi antara televisi dengan media sosial, seperti halnya program ajang penghargaan Indonesian Television Awards 2023. Maka dari itu, dari ajang Indonesian Television Awards, dapat dilihat bahwa televisi dan media sosial mampu berjalan beriringan serta saling mendukung,” ucap Iwan Setyawan selaku Direktur Utama Provetic.

BACA JUGA:  Anies Baswedan Ziarah ke Makam Ayahnya di Awal Tahun 2024

Raffi Ahmad salah satu nomine mengungkapkan saling support antar nomine, “Kita saling support aja. Ini merupakan ajang apresiasi, terlepas kita menang atau tidak. Dengan adanya awards ini juga menjadi pacuan kita dalam berkarya.”, Irfan Hakim juga mengungkapkan hal yang sama. “Awarding saat ini sudah jarang, karena dengan adanya awarding ini, berarti kita dilihat. Kita dapat unjuk gigi, dan penggemarnya dapat memberikan dukungan.” Tuturnya.

  • Bagikan