banner 728x90

Big Match: Spanyol Mendominasi, Ungguli Italia 1-0

Pemain Spanyol dan Italia berebut bola
Pemain Spanyol dan Italia berebut bola (foto: AP)

NusantaraInsight, JermanTimnas Spanyol menunjukkan dominasi mereka dengan membekuk Timnas Italia dengan skor tipis 1-0. Kedua tim bertemu dalam duel matchday 2 Grup B Euro 2024, Jumat 21 Juni 2024 dini hari WITA.

Dominasi Spanyol ditunjukkan dari statistik pertandingan, untuk tembakan, La Furia Roja unggul 20 berbanding 4.
Tembakan tepat sasaran, unggul 9 – 1 atas Italia. Penguasaan bola, anak asuh Luis de la Fuente unggul 58% – 42%, untuk operan Spanyol juga unggul 573 – 427 atas Italia. Bahkan dalam akurasi operan, mereka mengungguli Italia 90% – 83%.

Sedangkan untuk pelanggaran, La Furia Roja lebih banyak melakukan dengan 17 kali berbanding 14 untuk Italia. Untuk kartu kuning keduanya berbagi 2 – 2.

Ini merupakan big match pertama di fase grup Piala Eropa 2024. Bermain di Arena AufSchalke, kedua tim memburu tiga poin kedua. Pasalnya, tim yang memenangi laga ini dipastikan lolos ke babak 16 besar.

Italia boleh menang di pertandingan pertama lalu, tapi kali ini mereka harus mengakui kualitas Spanyol. Pasukan Luis de la Fuente memetik kemenangan tipis 1-0 lewat own goal Riccardo Calafiori (55′).

BACA JUGA:  Mantan Menteri Israel Yakin Hamas Masih Kokoh di Gaza

Kemenangan ini mendorong Spanyol ke puncak klasemen sementara Grup B dengan 6 poin dari dua laga. Italia di peringkat dua dengan 3 poin dari dua laga. Hasil ini, memastikan Spanyol lolos ke fase gugur Euro 2024.

Babak pertama

Pertandingan dimulai langsung dengan tempo tinggi. Menit ke -3, sundulan Pedri sempat merepotkan Donnarumma. Menit ke-7, intensitas pertandingan hampir memakan korban cedera, yaitu Manuel Pellegrini.

Ritme pertandingan mulai terbentuk setelah 15 menit berjalan. Spanyol tampil sangat dominan dalam penguasaan bola dan kreasi peluang. Italia memilih bermain bertahan.

Serangan-serangan Spanyol datang dari segala sisi. Nico Williams sempat mendapatkan kesempatan, tapi sundulannya melenceng. Hingga 30 menit laga berjalan, Itaila beruntung punya Donnarumma.

Spanyol jelas kecewa karena serangan-serangan mereka belum juga membuahkan hasil. Di sisi lain, Italia juga harus bangkit merespons jika ingin memetik kemenangan. Skor 0-0 mengantar para pemain ke ruang ganti.

Babak kedua

Laga dilanjutkan kembali, Spalletti merespons dengan dua pergantian pemain di kubu Italia. Baru 3 menit laga berjalan, Spanyol sempat was-was dengan potensi cedera Rodri yang tersungkur cukup lama di lapangan.

BACA JUGA:  Sahabat AMIN New York AS Gelar Deklarasi

Menit ke-55, gol yang ditunggu-tunggu Spanyol akhirnya tiba. Umpan silang Nico dari sisi kiri. Morata menyundul bola pelan ke arah tiang jauh. Bek Italia, Calafiori bermaksud menghentikan bola di tengah lajunya, tapi justru mendorongnya ke gawang sendiri. Gol! Spanyol 1-0 Italia.

Gol Spanyol lantas memaksa Spalletti kembali membuat perubahan. Hingga menit ke-70, Italia membuat beberapa pergantian pemain. Spanyol juga merespons dengan pergantian pemain juga.

Italia belum juga menemukan jawaban. Upaya-upaya mereka belum membuahkan hasi. Hingga menit ke-90, Italia baru melepas 1 tembakan tepat sasaran.

Tambahan waktu 9 menit tidak mengubah apa pun. Skor akhir 1-0 untuk kemenangan Spanyol.

Susunan pemain

SPANYOL (4-3-3): Simon; Cucurella, Laporte, Le Normand, Carvajal; Fabian (90+4′ Merino), Rodri, Pedri (71′ Baena); Nico Williams (78′ Ayoze), Yamal (71′ Ferran), Morata (78′ Oyarzabal)

Pelatih: Luis de la Fuente

ITALIA (4-3-3): Donnarumma; Dimarco, Calafiori, Bastoni, Di Lorenzo; Barella, Jorginho (46′ Cristante), Frattesi (46′ Cambiaso); Pellegrini (82′ Raspadori), Chiesa (64′ Zaccagni), Scamacca (64′ Retegui)

BACA JUGA:  Program Sedekah Unik Pj Gubernur Sulsel

Pelatih: Luciano Spalletti

Iklan Amri Arsyid