banner 728x90

Wabup Jeneponto Terima Kloter 40 Debarkasi UPG 

  • Bagikan

NusantaraInsight, Makassar — Sebanyak 389 jemaah haji yang tergabung dalam kloter 40 debarkasi UPG Makassar tiba di Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar pada pukul 09.46 WITA, Selasa 1 Agustus 2023.

Kloter 40 ini terdiri dari 339 jemaah haji asal Kab. Jeneponto, 26 jemaah dari Kab. Wajo dan 19 jemaah asal Kota Makassar, serta 5 orang petugas kloter.

Mewakili pemerintah daerah asal jemaah, Wakil Bupati Jeneponto Paris Yasir didaulat menerima jemaah haji kloter 40 ini dari dari PPIH embarkas – debarkasi UPG Makassar.

“Saya atas nama pemerintah daerah menyampaikan apresiasi dan ucapan selamat datang kembali ke Sulawesi Selatan. Insya Allah kita bersama akan melanjutkan perjalanan ke Jeneponto,” ucap Paris Yasir mengawali sambutannya.

“Tentunya kita berharap jemaah haji kembali dengan predikat haji mabrur,” sambungnya.

Menurut Paris Yasir bahwa jemaah haji dengan predikat mabrur bukan yang paling cantik dan paling bercahaya mukanya datang, tapi jemaah haji yang sikap dan prilakunya terlah berubah.

“Predikat haji mabur itu adalah jemaah haji yang sikap dan prirakunya berubah sebelum ke tanah suci dan sesampainya kembali di tanah air,” katanya.

BACA JUGA:  Masyarakat Pulau Jampea Titip Harapan Ke Bupati Selayar

Diakhir sambutannya, Wabup Paris Yasir mengajak seluruh yang hadir di aula Arafah asrama haji Sudiang Makassar untuk membacakan surah Al Fatihah kepada Saharia Sidang Danggang, jemaah haji asal Jeneponto yang wafat di tanah suci.

Sebelumnya, Kepala Bidang Perbekalan PPIH Fathurrahman, dalam sambutannya ketika menyerahkan kloter 40 ini mewakili Ketua PPIH menyampaikan ucapan selamat datang kepada jemaah haji yang telah tiba kembali dengan selamat di tanah air.

“Dengan melihat wajah jemaah kloter 40 ini, semuanya insya Allah akan mendapatkan haji yang mabrur,” ujarnya.

Fathurrahman kemudian menukil kalimat hikmah bahwasnya saat-saat yang paling indah adalah saat ketika kita akan pulang ke rumah ketemu keluarga.

“Kira-kira para jemaah yang kena ini setelah 42 hari lamanya meninggalkan tanah air,” tuturnya.

Kepala Bidang Pendidkan Agama Islam Kanwil Kemenag Sulsel ini kemudian meyampaikan jumlah total jemaah haji yang telah kembali ke tanah air hingga kloter ke 40 debarkasi UPG Makassar sebanyak 15,636 jemaah dan 51 yang wafat.

BACA JUGA:  Menyeberang dengan Titian Batang Pohon Pj Gubernur Sulsel Tembus Titik Longsor

Kepada jemaah haji asal Jeneponto yang wafat, Fathurrahman berharap dan mendoakan yang meninggal diampuni dosa-dosanya dan dimasukkan ke surganya Allah SWT, dan untuk yang masih dirawat diberi kesembuhan sehingga segera kembali ke tanah air.

Pada penghujung seremoni penyerahan kloter 40 ini kepada pemerintah daerah, dilakukan penyerahan Sertifikat Haji secara simbolis kepada 3 orang jemaah haji. (AB)

  • Bagikan